Februari 5, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Prancis Dekati Indonesia dan India Setelah “Dikhianati” Australia dengan AUKUS

Roma, KOMPAS.comPresiden Perancis Emmanuel Garis makron Berusaha meningkatkan hubungan dengan India Indonesia, AS (AS), setelah pengusiran Paris oleh Perjanjian Keamanan antara Inggris dan Australia (AUKU)

Sejak hilangnya kesepakatan kapal selam utama dengan Canberra, aliansi AUKUS untuk menangani lebih baik dengan China, Prancis telah mencari dukungan dari negara-negara Asia terkemuka untuk hubungan strategis yang lebih dalam di kawasan itu. wilayah Pasifik.

Baca selengkapnya: Menjelang KTT G20 dan COP26, Biden bertemu Paus Fransiskus di Roma

Selama jam istirahat KTT G20 Di Roma, Macron pertama kali bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo Diikuti oleh Perdana Menteri India Narendra Modi. Pidatonya berfokus pada pengaruh ekonomi yang berkembang di kawasan itu dan persaingan antara Amerika Serikat dan China.

“Ada keinginan bersama untuk melangkah lebih jauh dengan strategi Indo-Pasifik,” kata pihak Prancis setelah berbicara dengan Modi. AFP Sabtu (30/10/2021).

Serangkaian pertemuan akan digelar pekan depan untuk mengefektifkan agenda publik.

Prancis dan India adalah yang pertama menentukan strategi Indo-Pasifik pada tahun 2018. Keduanya “menemukan banyak integrasi … prinsip-prinsip panduan tindakan kami di Indo-Pasifik: harapan, kebebasan, dan persatuan,” kata kepresidenan Prancis. .

Informasi, inspirasi dan Intelijen Dari Surel Anda.
Registrasi Surel

Foto AP / Erin Schaff Perdana Menteri India Narendra Modi di sebelah kiri berbicara dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron selama foto keluarga KTT G20 di La Nuvola Convention Center di Roma pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Baca selengkapnya: Prancis secara sepihak membatalkan kesepakatan kapal selam yang mengganggu, kata Australia

Berkat saham asing Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis, Prancis menganggap dirinya sebagai kekuatan di Pasifik.

READ  Presiden Ukraina Beri Gelar Pahlawan kopada 12 Prajurit yang Bela Negara, Ini Aksi Heroik Mereka

Negara ini sekarang mengejar ambisi untuk mendapatkan lebih banyak pengaruh di kawasan ini, terutama melalui Asia Tenggara.

Macron dan Djokovic berbicara selama setengah jam dan “memutuskan untuk bekerja dalam kemitraan strategis sejati di kawasan Indo-Pasifik,” kata Istana Elysee Prancis.

Ini terutama akan mencakup isu-isu “perubahan iklim, dukungan lapangan kerja dan pembangunan Indonesia dan kebangkitan pasca-Pemerintah-19”.

Perundingan tersebut berlangsung sebelum kunjungan Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian ke Jakarta untuk mengambil alih kursi kepresidenan G20 secara bergilir setelah Italia.

Djokovic dan mitra Prancisnya meninjau integrasi ke ASEAN, mitra regional Asia Tenggara, Indonesia, pemain utama dengan populasi lebih dari 270 juta.

Prancis akan menjadi dirinya sendiri Presiden Rotasi UE pada tahun 2022.

Baca selengkapnya: Situasinya semakin buruk, dengan Prancis menuduh AS dan Australia berbohong kepada mereka

Dapatkan pembaruan Pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.