Rilis Tujuh Film Anyar Indonesia Tertunda

Portal Teater – Pandemi virus corona (Covid-19) memberikan pukulan berat bagi seluruh lini bisnis dan industri di dunia saat ini. Mulai dari seni, budaya, pariwisata, ekonomi, politik, pedagangan, dan industri kreatif serta masih banyak lainnya.

Per Minggu (22/3), tercatat ada 514 kasus terjadi di Indonesia, dengan 48 orang meninggal dan 29 sembuh. Pandemi corona diketahui telah tersebar di sekitar 17 provinsi di tanah air.

Secara global, John Hopkins University melaporkan, total infeksi virus corona telah mencapai 331.273 kasus, dengan 14.450 meninggal dan 97.847 sembuh.

Di Amerika Serikat, lebih dari dari tiga puluh film baru ditunda penayangannya karena pandemi yang muncul bagai kilatan asteroid dari angkasa ini. Kerugian akibat penundaan ini telah memperburuk kinerja keuangan sejumlah perusahaan film.

Pemerintah Australia sejak dua pekan lalu telah merekomendasikan untuk membatalkan sejumlah acara seni, baik itu festival, konser, pameran, maupun pertunjukan. Akibat pembatalan ini, industri seni Negeri Kanguru menderita kerugian hingga Rp38 triliun.

Festival Film Cannes 2020 yang sedianya digelar pada Mei nanti, pun dikabarkan telah resmi mengumumkan pembatalan. Festival film bergengsi dunia itu rencananya kembali digelar pada sekitar Juni atau Juli mendatang.

Kru dan pemain film "Tersanjung The Movie. -Dok. inews.id
Kru dan pemain film “Tersanjung The Movie. -Dok. inews.id

Rilis Tujuh Film Indonesia Tertunda

Setali tiga uang dengan industri perfilman internasional, Indonesia pun mengalami nasib yang sama; menggelinding bersama dengan efek penyebaran virus corona.

Tidak hanya pameran, pertunjukan, atau festival, agenda seni lainnya seperti film pun terpaksa “naggung” akibat virus yang mengancam nyawa jutaan manusia ini.

Melansir tirto.id, Senin (23/3), ada tujuh film Indonesia yang tertunda tayang karena corona, antara lain: Tersanjung The Movie, Bucin, KKN Desa Penari, Jodohku yang Mana? (Molulo 2), Djoerig Salawe, Serigala Langit, dan Tarung Sarung.

Tersanjung the Movie Tersanjung merupakan film adaptasi dari sinetron karya sutradara Hanung Bramantyo. Film ini rencananya tayang pada 19 Maret lalu.

Film ini dibintangi oleh Pandhu Adjisurya, Clara Bernadeth, Giorgino Abraham, Kevin Ardilova, Kinaryosih, Nugie, Ari Wibowo, Feby Febiola, Djenar Maesa Ayu, Marthino Lio, Allya Syakila, dan beberapa nama beken lainnya.

Jodohku yang Mana? (Molulo 2) juga sedianya ditayangkan pada 19 Maret lalu. Karena pandemi corona, akhirnya ditunda.

Film ini dibintangi oleh Andi Arsyil, Arlita Reggiana, Alexa Key, Robby Sugara, Musdalifah Basri, Dodi Mahuze, Zakaribo, Alli Murdani, Anjas Chambank, Ichal Kate, Ucha Limau, dan Derry 4 Sekawan.

Sementara KKN Desa Penari merupakan film horor tentang mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa. Cerita para mahasiswa itu viral di jagad maya tahun lalu. Film ini rencananya juga tayang pada 19 Maret 2020.

Disutradarai Awi Suryadi, film ini dibintangi Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Anton (Calvin Jeremy), dan Bima (Achmad Megantara).

Sementara film Djoerig Salawe rencananya ditayangkan pada 26 Maret mendatang. Film ini disutradarai Sahrul Gibran serta penulis naskah Fajar Umbara dan Isman H.

Film ini dibintangi Joe P Project, Fico Fahreza, Aming, Ben Kasyafani, Nadine Alexandra, Anyun, Babe Cabita, Dimas Andrean, Mega Carefansa, Gabriella Desta, Inggrid Widjanarko, Mongol, dan Candil.

Seperti Djoerig Salawe, Bucin rencananya akan tayang pada 26 Maret nanti. Film ini disutradarai Chandra Liow yang juga merupakan menjadi salah satu pemain.

Demikian halnya dengan Serigala Langit Film, film karya dan sutradara Reka Wijaya yang dijadwalkan tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 2 April 2020 nanti.

Film ini dibintangi oleh Deva Mahenra, Donny Damara, dan Christina Danilla, Bunga Jelitha, Anya Geraldine, Yoshi Sudarso, Dian Sidik, Dede Yusuf, Wanda Hamidah, Damara Finch, Randy Pangalila, Sekar Sari, Yayu Unru, Cristina Surya dan Prabu Revolusi.

Terakhir, film Tarung Sarung yang disutradarai Archie Hekagery. Film ini rencananya tayang perdana pada 2 April mendatang. Para pemainnya adalah Panji Zoni, Yayan Ruhian, Maizura, dan Cemal Faruk.*

Baca Juga

Italia Terpuruk Karena Corona, Ini Alasannya!

Portal Teater - Sekelebat Italia berubah menjadi negara paling terpukul oleh virus corona sejak pertama kali ditemukan di Provinsi Hubei, China, Desember 2019 lalu. Saat...

Cegah Covid-19 Baru, China Batasi Akses Wisatawan Asing

Portal Teater - Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing. Penutupan akses tersebut...

Pasien Positif Corona Diprediksi Melonjak Setelah “Rapid Test”

Portal Teater - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Doni Monardo mengatakan kepada Kompas TV, Rabu (25/3), bahwa jumlah pasien positif virus corona...

Terkini

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Merayakan Hari Teater Dunia Di Tengah Corona

Portal Teater - Keprihatinan yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh rekan teater Indonesia yang sejak Februari 2020 harus membatalkan atau mengundurkan waktu pertunjukkan. Hal itu...

Cegah Covid-19 Baru, China Batasi Akses Wisatawan Asing

Portal Teater - Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing. Penutupan akses tersebut...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Dewan Kesenian Inggris Luncurkan Rp2,9T Untuk Sokong Industri Seni

Portal Teater - Dewan Kesenian Inggris atau Arts Council England (ACE) telah meluncurkan paket tanggap darurat senilai £160 juta atau setara Rp2,9 triliun (kurs...