Februari 7, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Rizal Rumli: Pengadilan keluarga menjadi sangat tidak nyaman

eramuslim.com – Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan menteri tidak wajib mengundurkan diri saat mencalonkan diri sebagai calon presiden dan wakil presiden menuai kritik keras. Salah satunya adalah ekonom senior D.R. Rizal Rumi.

Menko Perekonomian pada masa Presiden Khus Dur menilai MK yang diketuai Anwar Usman kurang memahami makna etika dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain itu, posisi Anwar Usman yang kini menjadi ipar Presiden Joko Widodo juga berpotensi menimbulkan benturan antara dua petinggi negara. Bahkan setelah Anwar Usman menikah dengan adik Presiden, masa jabatan MK dibubarkan menjadi MK.

“Pengadilan keluarga menjadi lebih tidak tahu malu dan memalukan dari hari ke hari. Tidak memahami etika dan tata kelola yang baik, tidak memahami potensi konflik kepentingan. Wong harus mengundurkan diri sebagai ketua MK! Dia menekankan penulis, Rabu (2/11).



Pada Senin (31/10), permohonan peninjauan kembali atas ketentuan pengangkatan penyelenggara negara pada jabatan Presiden dan Wakil Presiden di partai politik atau pemilihan bersama partai politik, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 170 ayat (1) . UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum diputuskan diterima sebagian oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman membacakan putusan permohonan perkara nomor 68/PUU-XX/2022 dalam sidang putusan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Bharat, Jakarta Pusat, Senin. (31/10)

Anwar Usman, dikutip dari siaran langsung di saluran YouTube Mahkamah Konstitusi Indonesia, mengatakan dia “menerima sebagian permohonan pemohon”.

Mahkamah Konstitusi menyatakan bahwa dasar hukum para pemohon bahwa ketentuan Pasal 170 Ayat (1) bertentangan dengan Pasal 28I Ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah sah. Sebab, MK menilai Menteri dan pejabat setingkat Menteri merupakan unit eksekutif yang tidak bisa dipisahkan dari Presiden dan Wakil Presiden.

READ  BI Luncurkan Uang Baru 2022, Begini Cara Mendapatkannya Semua

Halaman berikutnya →

halaman 1 2