Rumah Tari Sangishu Lampung Gelar “Srawung Seni Sawah” di Desa Triharjo

Portal Teater – Rumah Tari Sangishu akan menggelar event kolaborasi bertajuk “Srawung Seni Sawah” pada Kamis (9/1) di Desa Triharjo, Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Diadakan sehari penuh, yaitu sejak pukul 08.00-17.00 WIB, pagelaran ini digagas sebagai ajang untuk mengajak masyarakat untuk kembali menapaki warisan leluhur yang adiluhung dan edi peni melalui aktivitas kesenian.

Pendiri Rumah Tari Sangishu Agus Gunawan dalam sebuah pernyataan tertulis mengatakan, perkembangan mesin teknologi saat ini telah merangsek masuk hingga desa-desa terpencil, bahkan ruang-ruang privat seperti kehidupan rumah tangga.

Hal itu, kata Agus, berdampak kuat terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat kontemporer.

Salah satunya adalah tergerusnya nilai-nilai budaya adiluhung dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat setempat.

Berpijak pada gagasan itulah padepokan seni berbasis Kota Bandar Lampung itu memilih Desa Triharjo sebagai venue perhelatan seni pada awal tahun ini.

Menurut Agus, desa ini merupakan salah satu daerah yang memiliki beragam budaya yang sudah jarang ditemukan di Lampung, seperti tradisi gotong royong dan ritual wiwitan (upacara tanam padi).

“Tetapi kini budaya itu juga mulai tergerus, karena iming-iming dunia industri, teknologi dan juga kebutuhan ekonomi. Mereka juga mulai meninggalkan budaya gotong royong dan tradisi wiwitan kearifan lokal warisan leluhurnya,” ujarnya.

Secara terpisah, anggota Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung Christian Heru Cahyo Saputro menjelaskan, helatan ini diberi tajuk “Srawung Seni Sawah” dimaksudkan untuk menjadikan kawasan persawahan sebagai panggung seni.

Di mana, di area tersebut, para seniman dapat berproses bersama dalam sebuah pertemuan yang penuh kekariban (“srawung”) untuk menggotong nilai-nilai hidup masyarakat agraris.

“Ini untuk membuktikan bahwa dulu dari persawahan pun bermunculan kearifan lokal gotong royong menanam padi bersama, pesta panen, dan lain-lain,” ungkapnya lewat pernyataan tertulis, Selasa (7/1).

Agus pun berharap, event ini dapat membangkitkan, menumbuhkembangkan dan melestarikan kembali budaya dan tradisi masyarakat sekaligus meningkatkan apresiasi terhadap kesenian dan seniman.

“Jadi pemantik kesadaran ini berupa pagelaran seni yang dilakukan di sawah dengan mengundang seniman, budayawan, maestro tari baik dari daerah Lampung, beberapa daerah di Indonesia,” katanya.

Agenda pagelaran SRAWUNG SENI SAWAH Tahun 2020 oleh Rumah Tari Sangishu Lampung, -Dok. Christian Heru Cahyo Saputro.
Agenda pagelaran SRAWUNG SENI SAWAH Tahun 2020 oleh Rumah Tari Sangishu Lampung, -Dok. Christian Heru Cahyo Saputro.

Event Kolaborasi

Dalam penyelenggaraannya, Sekretaris Panitia Ita Ani Rosita menerangkan, Rumah Tari Sangishu berkolaborasi dengan banyak sanggar seni.

Ia menjelaskan, sanggar dan seniman tersebut tidak hanya berasal dari Provinsi Lampung, melainkan juga berasal dari kota lain di Indonesia dan juga dari luar negeri.

Dari Provinsi Lampung ada beberapa sanggar dan seniman yang akan terkonfirmasi akan tampil, antara lain: Sanggar Kutomaro (Bandar Lampung), Kemas Helmi (Sanggar Sangsaka, Bandar Lampung), Prodi Tari Universitas Lampung (Bandar Lampung), Komunitas Dakocan (Bandar Lampung) Pelangi Anak Indonesia (Bandar Lampung).

Selain itu, ada juga Dian Arza Dance Company (Bandar Lampung), Sako Sarikat (Lampung), Nani Rahayu (Sanggar Cangget Budaya, Lampung Utara), Sanggar Cipta Kreasi, Merbau Mataram, Eskul Tari SD Negeri 1 Triharjo, Prodi Tari Unila, Jaranan Mardi Utomo, Tabuh Lesung, Triharjo (Lampung Selatan), Diane Alexander GB (Bandar Lampung), UKMBS Unila (Bandar Lampung), Edythio Rio Irawan (Bandar Lampung), dan Kiki Rahmatika (Bandar Lampung).

Dari kota-kota lain di Indonesia, antara lain diikuti oleh Elly D. Luthan (Deddy Luthan Dance Company, Jakarta), Djarot B. Darsono (Studio Taksu, Surakarta), Agus Bimo (Klaten), dan Sri Dwi Wahyuni (Jawa Tengah).

Sementara dari luar negeri event awal tahun ini akan dihadiri oleh Butler, Julie Nathaniels, Margit Galanter, Frances Rosario, dan Mara Poliak (Amerika Serikat) serta banyak lagi.

“Untuk menyemarakkan kegiatan ini juga akan digelar bazar dan warung kuliner tradisional. Sedangkan untuk menambah daya tarik acara ini bagi anak-anak akan digelar lomba mewarnai,” pungkas Ita.*

Baca Juga

Rilis Tujuh Film Anyar Indonesia Tertunda

Portal Teater - Pandemi virus corona (Covid-19) memberikan pukulan berat bagi seluruh lini bisnis dan industri di dunia saat ini. Mulai dari seni, budaya,...

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Melihat Dampak Konsumerisme terhadap Air

Portal Teater - Koji Yamazaki, 38 tahun, keluar dari sebuah tong sampah besar berwujud kontainer yang terbuat dari aluminium berwarna kuning karat. Ia hanya...

Terkini

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Merayakan Hari Teater Dunia Di Tengah Corona

Portal Teater - Keprihatinan yang mendalam saya sampaikan kepada seluruh rekan teater Indonesia yang sejak Februari 2020 harus membatalkan atau mengundurkan waktu pertunjukkan. Hal itu...

Cegah Covid-19 Baru, China Batasi Akses Wisatawan Asing

Portal Teater - Untuk mencegah penyebaran virus corona baru, otoritas China sementara waktu akan menutup perbatasannya untuk sebagian besar wisatawan asing. Penutupan akses tersebut...

Transmisi Virus Corona Tak Terbendung, AS Terbanyak

Portal Teater - Transmisi virus corona terus meluas. Ini menunjukkan bahwa penyebaran corona makin tak terbendung di tengah ketidaksiapan dan kelambanan negara-negara untuk mencegahnya....

Dewan Kesenian Inggris Luncurkan Rp2,9T Untuk Sokong Industri Seni

Portal Teater - Dewan Kesenian Inggris atau Arts Council England (ACE) telah meluncurkan paket tanggap darurat senilai £160 juta atau setara Rp2,9 triliun (kurs...