September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Saat Jokowi mengancam akan pulang jika posisi duduk dengan Putin tidak dekat

Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin Kerja sama ekonomi untuk perdamaian di Ukraina dibahas di Moskow Juni lalu. Beberapa bulan setelah pertemuan itu, Jokowi Berbagai cerita tentang posisi duduk bersama Putin.

Jokowi bertemu dengan Vladimir Putin di Istana Kremlin Juni lalu. Jokowi melaporkan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks ini, saya mengunjungi Kyiv dan Moskow,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis. (30/6)

Jokowi mengatakan, meski situasi saat ini sangat sulit, sangat penting solusi damai terus dihadirkan. Jokowi mengatakan siap menjembatani kesenjangan antara Putin dan Zelensky.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin,” kata Jokowi.

Jokowi bertemu Putin di Kremlin. (Leili Rachev – Kantor Pers Sekretariat Presiden)

Di hadapan Vladimir Putin, Jokowi mengatakan Indonesia tidak tertarik. Indonesia ingin melihat perang.

“Indonesia tidak punya kepentingan, kecuali mengakhiri perang, dan segera membenahi rantai pasok pangan, pupuk, dan energi, karena menyangkut nyawa ratusan juta orang, miliaran orang.” kata Jokowi.

Jokowi juga mengajak para pemimpin dunia lainnya untuk menciptakan rasa damai. Jadi kita perlu menjalin kembali kerja sama antar negara.

“Saya mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bekerja sama kembali, menghidupkan kembali semangat multilateralisme, semangat perdamaian dan kerjasama,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan hanya melalui perasaan itulah perdamaian dapat dicapai.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya:

READ  Apakah Anda termasuk orang yang tidak bisa divaksinasi?