Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Salah satu penyebab transmisi otomatis adalah suara yang tidak rata setelah pemasangan kaca film

Salah satu penyebab transmisi otomatis adalah suara yang tidak rata setelah pemasangan kaca film

Perbukitan Selatan, KOMPAS.com – Pemasangan kaca film dengan transmisi mobil matic tidak ada hubungannya dengan cara kerjanya. Namun jika proses pemasangan kaca film tidak dilakukan dengan benar maka dapat menyebabkan masalah perpindahan.

Mekanik Ian GK Auto Service Gunung Kidul, jika diperhatikan, proses pemasangan kaca film pada mobil biasanya menggunakan bantuan media berupa air agar merekat dengan baik.

Cara ini stabil, tapi hati-hati jangan sampai ada air yang menetes di bagian bawah, apalagi saat memasang kaca depan, di bawah dashboard biasanya terdapat perangkat elektronik seperti ECU, kata Ian Du. Kompas.comJumat (17/5/2024).

Baca Juga: Jangan Pasang Kaca Film Sampai Gelap, Ada Aturannya

A.D.M.K Transmisi berbatu DCVT

Menurut Ian, jenis ECU salah satunya terdapat di bawah dashboard pada mobil matic Modul kontrol transmisi (TCM), meskipun ada perangkat lain seperti Modul kontrol tubuh (PCM), modul kantung udara, dll.

“Jika TCM terkena air dari proses pemasangan kaca film, berpotensi terjadi korsleting yang menyebabkan berbagai macam kerusakan transmisi, salah satunya saat tuas digerakkan. Transmisi audio Jeduk Atau injak,” kata Ian.

Kejadian tersebut menurut Ian jarang terjadi, dan jika bukan karena temuan tersebut, pihak bengkel pun akan jarang menyadarinya.

Selain itu, Ian juga menemukan kasus ini karena konsumen mengatakan baru saja mengganti kacamatanya.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Kaca Film Asli Atau Palsu

Pasang kaca filmRaja Audio dan Variasi Pasang kaca film

“Sebenarnya TCM itu ada di ruang mesin, jadi apapun bisa terjadi. Saran saya kepada pengguna, selalu rawat mobilnya dengan minimal melakukan perawatan rutin di bengkel,” kata Ian.

READ  Yamaha Lexi 2024: Era Baru Dunia Sepeda Motor Matik!

Ian menjelaskan, dalam proses perawatan berkala, biasanya bengkel yang profesional atau yang sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) akan melaksanakannya. Memindai Menggunakan alat diagnostik untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak.

Dengan begitu, kondisi mobil, termasuk peralatan kelistrikannya, akan lebih terpantau sehingga mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut, kata Ian.

Baca juga: Pemanasan Mesin Mobil matic, Tuas Transmisinya N atau P?

Sementara itu, bagi mekanik atau konsumen yang ingin memasang kaca film, disarankan untuk menyediakan kain untuk mencegah air masuk ke area yang banyak perangkat elektroniknya sebagai tindakan pencegahan.


Mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.