Januari 24, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Sandy Uno mengungkapkan pemesanan hotel yang ‘meledak’ jelang MotoGP

Jakarta, CNBC Indonesia – Menjelang balapan MotoGP 2022 di Mandalay, okupasi hotel di Nusa Tenggara Barat akan meledak. Karena pasokan kamar di sana hanya bisa memenuhi kurang dari seperempat dari total pengunjung asing dan domestik, itu akan menjadi kekurangan.

“Wisatawan asing dan domestik diproyeksikan mencapai 100.000, sedangkan total akomodasi hotel dan desa wisata di Lombok hanya 23.000 unit per Desember 2021,” kata Sandiaka Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (software). Konferensi pers, Senin (10/10)/1/0222).

Menurut data Perhotelan sejak 3 Januari 2022, 90% kamar hotel telah dipesan untuk akomodasi MotoGP 2022 yang akan berlangsung pada 20 Maret 2022, jelas mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Hanya ada 2.758 kamar hotel di Mataram. Pemerintah setempat memprediksi okupasi hotel di Lombok akan mencapai 100%. Juga tidak mengakomodir penonton event balap motor internasional.

Untuk itu fasilitas akomodasi wisata Kementerian PUPR adalah sebagai berikut: asrama Lombok perlu menampung MotoGP,” jelasnya.

Foto: Toprak Razgatlioglu mengukuhkan dirinya sebagai Juara Dunia WSBK 2021. (AP/Achmad Ibrahim)
Toprak Razgatlioglu mengukuhkan dirinya sebagai Juara Dunia WSBK 2021. (AP/Achmad Ibrahim)

Saat ini, setidaknya 300 fasilitas akomodasi wisata telah selesai dibangun dan bersertifikat CHSE. Selain itu, pemerintah mendorong kerjasama dengan Bobofox dan Eiger untuk akomodasi kamp.

“Ada 100 unit tenda di camping ground, satu tenda bisa menampung empat orang, ITDC dan Eiger Collaboration serta Bobo Cabin,” jelasnya.

Selain itu, ada koordinasi dengan Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Belni) dan pihak swasta yang akan melayani akomodasi pengunjung.

Sandy menjelaskan, upaya lain untuk menampung pengunjung MotoGP 2022, jika okupansi hotel sudah 100% maka akomodasi bisa direlokasi ke Nusa Tua atau kawasan sekitar Bali.

READ  Iklan Alpmart Minggu, 27 Desember 2020, diskon akhir tahun

“Tapi pertama kita zoom di Lombok, seperti 3kl, dan sentuh pondok di luar Lombok. Sambung dengan. Layanan antar-jemput Atau pesawat,” jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(dce / dce)