Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan sesuatu yang 'aneh' di alam semesta

Sebuah asteroid seukuran bus melintas di dekat Bumi

Jarak asteroid ini hanya 23 persen dari jarak rata-rata Bumi ke Bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kamis (7/7/2022), a asteroid Ukuran bus akan melewati sekitar 56.000 mil (90.000 km) dari Bumi. Jarak ini hanya 23 persen dari jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan.

Dilaporkan dari ilmu langsung, Kamis (7/7/2022), berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, asteroid 2022 NF diperkirakan akan melewati planet kita tanpa masalah.

Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System (Pan-STARS), jaringan kamera dan teleskop yang ditempatkan di Hawaii, membantu para astronom menemukan asteroid tersembunyi dengan tujuan utama mendeteksi objek dekat Bumi, atau NEO.

Batu luar angkasa itu ditemukan pada 4 Juli. Setelah menghitung perkiraan ukuran dan lintasannya, para ilmuwan menentukan bahwa lebarnya antara 18 dan 41 kaki (5,5 meter dan 12,5 meter) pada titik terlebarnya.

Ribuan NEO semacam itu dipantau secara ketat oleh NASA dan badan antariksa lainnya. Asteroid jarang mengancam Bumi, tetapi jika jalurnya berubah, beberapa asteroid besar bisa berbahaya.


Perlindungan terhadap asteroid

Diluncurkan pada November 2021, pesawat ruang angkasa pengalihan asteroid NASA, Uji Pengalihan Asteroid Kembar (DART), akan bertabrakan dengan asteroid Dimorphos selebar 525 kaki (160 m) pada musim gugur 2022.

Asteroid itu tidak akan hancur oleh serangan itu, tetapi orbitnya dapat berubah secara signifikan. Misi tersebut akan membantu menilai efektivitas defleksi asteroid jika asteroid mengancam planet kita di masa depan.

READ  2020-2021 adalah bulan bagi Netizen Juventus peringkat 6 di Liga Italia: Oaxacon Football