Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ini adalah contoh tampilan lubang hitam dari dekat yang bergerak melalui galaksi Bima Sakti kita.  Lubang hitam mendistorsi ruang di sekitarnya, memunculkan gambar bintang latar yang berbaris tepat di belakangnya.  Efek pelensaan gravitasi ini memberikan satu-satunya bukti keberadaannya

Sebuah lubang hitam terisolasi mengorbit Bima Sakti

FECYT, IAC

Ini adalah contoh tampilan lubang hitam dari dekat yang bergerak melalui galaksi Bima Sakti kita. Lubang hitam mendistorsi ruang di sekitarnya, memunculkan gambar bintang latar yang berbaris tepat di belakangnya. Efek pelensaan gravitasi ini memberikan satu-satunya bukti keberadaannya

Nationalgeographic.co.id-Menurut sifatnya, Lubang hitam Kecuali bagian dari bintang biner atau piringan agregasi dikelilingi, itu tidak diketahui. Untuk pertama kalinya, Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah memberikan bukti kuat tentang lubang hitam yang mengorbit di ruang antarbintang setelah enam tahun pengamatan yang cermat. Lubang hitam ini terletak sekitar 5.000 tahun cahaya jauhnya di lengan carina-Sagitarius galaksi kita.

Jika para astronom percaya bahwa kematian bintang raksasa akan meninggalkan lubang hitam, akan ada ratusan juta lubang hitam yang tersebar di seluruh galaksi Bima Sakti. Masalahnya, lubang hitam yang terisolasi tidak terlihat.

Tim astronom Universitas California, Berkeley, untuk pertama kalinya menemukan lubang hitam yang mengambang bebas dengan mengamati kecerahannya ketika cahaya dari bintang yang jauh terdistorsi oleh medan. Gravitasi Bahan kuat – disebut pelensaan mikro gravitasi.

Sebuah makalah yang menjelaskan penemuan itu diterima untuk dipublikasikan di Astrophysical Journal. Anda dapat mempelajarinya arXiv Dirilis 25 Mei 2022 Lubang hitam bermassa bintang yang terisolasi terdeteksi oleh lensa mikro astrometri.

Para astronom menyebut lubang hitam ini ‘massa bintang’ karena 7,1 kali lebih berat dari Matahari.

“Sebagian besar objek ini mungkin berada di Bima Sakti, tetapi sangat sulit untuk dideteksi karena tidak memancarkan cahaya. Yang pertama diidentifikasi oleh lubang hitam adalah milik kita, yang membelok melewati gambar bintang latar belakang.” Kata Howard Bond, astronom dari Penn State.

READ  Awalnya ditemukan, planet berbentuk bola rugby ini menarik bagi para astronom

“Ini adalah lubang hitam atau bintang neutron mengambang bebas pertama yang ditemukan oleh pelensaan mikro gravitasi,” kata Jessica Lu, seorang profesor astronomi di UC Berkeley. “Dengan pelensaan mikro, kita dapat menjelajahi objek-objek yang tenang dan padat ini dan menimbangnya. Saya pikir kita telah membuka jendela baru ke objek-objek gelap ini yang tidak dapat dilihat dengan cara lain.”

Contoh ini mengilustrasikan bagaimana gaya gravitasi lubang hitam melengkung dan cahaya bintang jauh di belakangnya.  Cahaya yang datang dari bintang latar belakang dibelokkan dan dicerahkan oleh medan gravitasi yang kuat dari lubang hitam.  Teleskop Luar Angkasa Hubble memburu lubang hitam ini.

NASA, ESA, STSCI, Joseph Olmstead

Contoh ini mengilustrasikan bagaimana gaya gravitasi lubang hitam melengkung dan cahaya bintang jauh di belakangnya. Cahaya yang datang dari bintang latar belakang dibelokkan dan dicerahkan oleh medan gravitasi yang kuat dari lubang hitam. Teleskop Luar Angkasa Hubble memburu lubang hitam ini.

Lubang hitam yang mengorbit di galaksi kita membentuk setidaknya 20 kali lebih besar dari bintang langka seperti Matahari kita. Bintang-bintang ini meledak menjadi supernova, dan inti yang tersisa dihancurkan oleh gravitasi ke dalam lubang hitam. Lubang hitam dapat mengambil tendangan karena ledakan diri tidak sepenuhnya simetris dan menembus galaksi kita seperti bola meriam.

Penemuan ini dibuat dalam sebuah studi oleh Kailash Sahu dan timnya di Space Telescope Science Institute di Baltimore, Maryland, untuk mengidentifikasi lubang hitam yang terisolasi. Karena tarikan gravitasi objek anterior yang bergerak di depan bintang yang jauh, cahaya bintang latar tiba-tiba dibelokkan dan diperkuat saat lewat di depannya. Fenomena ini, yang disebut pelensaan mikro gravitasi, digunakan untuk mempelajari bintang dan planet ekstrasurya di sekitar 20.000 contoh yang sejauh ini ditemukan di galaksi kita.




Konten yang diiklankan

Video Unggulan