Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Sebuah penerbangan Virgin Australia melakukan pendaratan darurat setelah mesinnya terbakar setelah ditabrak oleh sekawanan burung

Sebuah penerbangan Virgin Australia melakukan pendaratan darurat setelah mesinnya terbakar setelah ditabrak oleh sekawanan burung

KOMPAS.com – Sebuah pesawat Boeing 737-800 dari Virgin Australia melakukan pendaratan darurat di Bandara Invercargill Selandia Baru pada Senin (17/6/2024) setelah mesinnya terbakar.

Pesawat tersebut sebelumnya terbang dari Queenstown, Selandia Baru menuju Melbourne, Australia dengan nomor penerbangan VA 148. Sebanyak 67 penumpang dan 6 penumpang berada di dalamnya.

Chief Operating Officer Virgin Australia, Stuart Ochs, menduga serangan burung tersebut telah menyulut mesin pesawat.

Virgin Australia sekarang dapat mengonfirmasi bahwa semua penumpang telah turun dari penerbangan VA148, yang mendarat dengan selamat di Bandara Invercargill Selandia Baru setelah terjadi serangan burung setelah lepas landas dari Bandara Queenstown, kata Stuart Ochs dalam sebuah pernyataan. Bisnis Rubah.

Salah satu penumpang, Michael Hayward, mengaku melihat api dari salah satu mesin pesawat sesaat setelah lepas landas.

Belum diketahui apakah ada penumpang atau awak yang terluka dalam insiden tersebut. Meski demikian, Aux memastikan seluruh penumpang turun dari pesawat dengan selamat.

Puluhan penumpang ditempatkan di Invercargill, Selandia Baru dan bermalam di kota tersebut sebelum melanjutkan penerbangan berikutnya. Semua akomodasi gratis dan ditanggung oleh Virgin Australia Airlines.

Baca juga: Rentetan Insiden Pesawat Boeing Sepanjang 2024, Pengalaman Terbaru Indonesia

Sebuah Boeing 737-800 melakukan pendaratan darurat

Berdasarkan data penerbangan FlightAware, Boeing 737-800 terbang dari Queenstown, Selandia Baru menuju Melbourne, Australia dengan nomor penerbangan VA 148.

Setelah terbang sekitar satu jam atau sekitar pukul 18.50 waktu Selandia Baru, pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Bandara Invercargill Selandia Baru.

dilaporkan Berita ABCSaksi Darren Robinson mengatakan dia mendengar ledakan keras sebelum api keluar dari mesin pesawat.

READ  Pria ini emosi, pesan udang telor asin Rp 132 ribu tapi tidak ada udang utuh

Saya keluar setelah mendengar suara keras. Saya melihat mesin pesawat terbakar. Saya berharap mereka mendarat dengan selamat, ujarnya.

Sekitar 50 menit setelah pesawat mendarat di Bandara Invercargill, petugas Pemadam Kebakaran Selandia Baru tiba dan langsung memadamkan api di salah satu mesin pesawat.

Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Selain itu, satuan komando dan mobil tangki air juga disiagakan untuk melakukan tindakan preventif.

Baca Juga: Boeing 757 milik Donald Trump menabrak pesawat komersial di bandara Florida

Serangan burung di Queenstown

pixabay.com Migrasi burung

Dengan populasi 53.000 jiwa, Queenstown adalah tujuan wisata populer di Pulau Selatan Selandia Baru.

Wilayah ini terkenal dengan ski, wisata petualangan, dan pemandangan gunung.

Regulator penerbangan negara tersebut menyebutkan tingkat serangan burung di bandara Selandia Baru adalah empat dari setiap 10.000 pergerakan penerbangan, seperti dikutip SCMP.

Tingkat keparahan dampaknya bervariasi tergantung di mana pesawat ditabrak, ukuran burung, dan reaksi pilot.


mendengarkan berita penting Dan Berita khusus Kami ada di telepon Anda. Pilih saluran favorit Anda untuk mengakses pesan saluran WhatsApp Kompas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.