November 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Selain Jokowi, hanya mantan presiden yang menggunakan Indonesia One

Jakarta

Sejak 2014, Boeing 737-800 Boeing Business Jet 2 (BBJ2) dioperasikan sebagai pesawat kepresidenan Indonesia. Pesawat ini dirancang untuk melayani penumpang VVIP.

Namun, tidak semua presiden di Indonesia ‘mencicipi’ suite mewah yang ditawarkan maskapai berjuluk ‘Indonesia One’ itu selama perjalanan bisnisnya.

Dikutip dari indonesia.go.id, selain Presiden Joko Widodo, hanya ada satu mantan presiden yang pernah menggunakan ‘Indonesia Satu’ saat bertugas. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diketahui telah menggunakannya beberapa bulan sebelum masa jabatannya berakhir.

Sedangkan orang nomor satu di Indonesia menggunakan pesawat lain pada masa mantan presiden BJ Habib, KH Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarno Putri dan SBY. SBY misalnya menggunakan Boeing 737-800 milik Garuda Indonesia untuk penerbangan domestik. Sementara jika jarak tempuh lebih jauh, SBY menggunakan Airbus A330-300. SBY rutin menggunakan pesawat BAE 146-200 British Aerospace milik Belita Air Services jika daerah yang dikunjungi tergolong sederhana.

Bahkan pada masa kepemimpinan Megawati, tidak ada pesawat khusus kepresidenan. Megawatt biasanya menggunakan MD-11, Boeing 737-500 atau Airbus A330-300. Pesawat yang digunakan Megawati merupakan serah terima dari era Soeharto. Sedangkan dalam kunjungan dengan fasilitas bandara yang sederhana, Megawati biasanya menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara, Fokker 28-1000 atau Hercules C-130.

Sementara itu, mantan presiden PJ Habibi dan Abdurrahman Wahid disebut kurang peduli dengan penerbangan kepresidenan. Keduanya diketahui sering menggunakan pesawat eksisting dari Garuda Indonesia, Belita Air Service atau TNI AU.

Presiden Jokowi menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1). Foto: Dok. Garuda Indonesia

Jokowi juga tidak memanfaatkan Indonesia One secara maksimal selama menjabat. Jika perjalanannya lebih jauh dari Amerika Serikat, Jokowi diketahui mencarter pesawat Boeing 777-300 ER milik Garuda Indonesia yang bercat merah putih.

READ  Timnas U-19 Indonesia Jadi Tim Amatir Piala Dolon 2022, Netizen Venezuela Angkat Tubuh: Okason Pola

Tonton videonya”Spesifikasi Indonesia One, pesawat kepresidenan RI berukuran kecil
[Gambas:Video 20detik]
(Kering / Timah)