Sempat Paceklik, Masa Depan Festival Teater Anak Jakarta Bakal Cerah

Portal Teater – Festival Teater Anak DKI Jakarta sempat mengalami masa paceklik selama kurang lebih tiga tahun belakangan. Namun, janganlah khawatir, mulai tahun depan, perhelatan FTA bakal didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur Anies Baswedan saat menghadiri seremoni penutupan FTA 2019 mengatakan akan terus mengapresiasi kegiatan-kegiatan seni teater (seni peran) anak-anak, termasuk dukungan pendanaan, agar FTA berjalan dengan baik dan sukses.

Dukungan kuat Pemprov DKI Jakarta ini mensinyalir bahwa anggaran perhelatan FTA akan masuk ke dalam DPA provinsi DKI Jakarta, seperti halnya Festival Teater Pelajar dan Festival Teater Jakarta.

Dengan demikian, anak-anak DKI Jakarta akan menatap langit masa depan berkesenian teater mereka dengan lebih cerah dan tersistematisasi.

“Untuk ada kegiatan teater anak-anak saya akan selalu hadir. Kami di Pemprov DKI Jakarta akan dukung. Ini ada Pak Asiantoro (Sektretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, red), nanti beliau yang akan mengurus pendanaan agar berjalan baik,” katanya di Teater Besar Taman Ismail Marzuki Jakarta, Senin (14/10) siang.

Gubernur Anies Baswedan bersama para juara FTA 2019. -Dok. portalteater.com
Gubernur Anies Baswedan bersama para juara FTA 2019. -Dok. portalteater.com

FTA Juga Program Pemprov DKI Jakarta

Ketua Lembaga Teater Jakarta Asep Martin dalam sambutannya menegaskan bahwa FTA pada dasarnya merupakan program Disparbud DKI Jakarta.

Meski dukungan masih terbilang kecil selama perhelatannya, namun tahun ini, Disparbud telah menginisiasi rangkaian FTA dengan diadakannya workshop pada 2-10 September 2019 di Pusat Pelatihan Seni Budaya di lima wilayah masing-masing oleh para instruktur.

Para isntruktur yang dihadirkan pun merupakan seniman-seniman teater berpengalaman, seperti misalnya Nano Riantiarno, Ratna Riantiarno, Jose Rizal Manua dan beberapa instruktur lainnya.

Asep Martin sangat mengapresiasi upaya pemerintah dalam menyukseskan FTA tahun ini, terutama melalui terselenggaranya workshop tersebut.

Karena hasil workshop tersebut berdampak positif terhadap perkembangan karakter keaktoran anak-anak. Di mana anak-anak terlihat mulai bebas dan luwes ketika mementaskan peran tertentu di atas panggung.

“Namun ada usulan dari para instruktur agar pelaksanaan workshop tetap dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya karena dirasa masing kurang secara menyeluruh,” ujarnya dalam laporan resmi penutupan FTA 2019 di TIM Jakarta, Senin (14/10).

Asep Martin sebelumnya mengungkapkan, salah satu faktor kuat yang mempengaruhi kemandekan FTA tiga tahun terakhir adalah sokongan finansial dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Namun, ia mengakui, dukungan Pemprov DKI Jakarta tidak dapat dikatakan tidak ada. Sebab selama pagelaran FTA, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selalu memberikan dukungan materil berupa gedung dan fasilitas pendukung lainnya.

“Selama tiga tahun kita mengalami masa paceklik. Meski demikian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta terus mendukung berupa penyediaan fasilitas gedung,” katanya.

Gubernur Anies Baswedan bersama para juara FTA 2019. -Dok. portalteater.com
Gubernur Anies Baswedan bersama para juara FTA 2019. -Dok. portalteater.com

Dimeriahkan Oleh Penampilan Teater Tanah Air

Festival Teater Anak DKI Jakarta yang berlangsung selama sepekan, yaitu 8-14 Oktober 2019 di Teater Kecil TIM Jakarta, telah resmi ditutup Gubernur Anies pada awal pekan ini.

Diikuti 25 grup teater anak se-DKI Jakarta (kecuali kabupaten Kepulauan Seribu), FTA 2019 ditutup dengan meriah dan marak.

Salah satunya adalah penampilan meriah grup teater bintang tamu di bawah asuhan seniman Jose Rizal Manua, Teater Tanah Air, yang mementaskan lakon “HELP”.

Lakon kolosal yang melibatkan kurang lebih 25 pemain itu nampak lucu karena sutradara Jose Rizal Manua juga menyertakan beberapa anak yang usianya masih berkisar 2 tahun untuk memerankan salah satu babak dalam lakon itu.

Aksi kekanak-kanakan mereka begitu menghibur penonton, yang kebanyakan adalah anak-anak, orangtua dan pejabat Pemprov DKI Jakarta. Kostum warna-warni yang dikenakan para pemain pun turut menebalkan kesemarakkan panggung.

Lakon “HELP” yang lebih berupa dance theatre ini berkisah tentang kerjasama dan kekompakan anak-anak dalam melawan kejahatan yang dilakukan dua orang penjahat.

Gubernur Anies Baswedan foto bersama pemenang FTA 2019. -Dok. portalteater.com
Gubernur Anies Baswedan foto bersama pemenang FTA 2019. -Dok. portalteater.com

Nominasi Juara FTA 2019

Penutupan FTA 2019 sekaligus merupakan momen penganugerahan juara kepada pemenang. Selain memilih lima grup terbaik, panitia dan juri FTA juga memilih kategori-kategori terbaik lain selama penyelenggaraan FTA 2019.

Berikut daftar lengkap pemenang FTA 2019:

  • Grup terbaik 1: Teater Gempar Gempita
  • Grup terbaik 2: Teater Sajadah
  • Grup terbaik 3: Teater Sakura
  • Grup Terbaik 4: Situs Teater
  • Grup terbaik 5: Teater Nurul Yaqin
  • Grup Favorit: Teater MTs 24
  • Sutradara terbaik: Bayu Dirgantoro (Teater Gempar Gemilang) mengganti Fahmi AR (Teater Gempar Gemilang)
  • Aktor cilik terbaik: Ridwan Nur Zayin (Teater Gempar Gemilang)
  • Aktor pembantu cilik: Hansen Lee (Teater Sakura)
  • Aktris cilik terbaik: Rahma Gadiza (Teater Gempar Gemilang)
  • Aktris pembantu cilik terbaik: Talitha Zahra (Teater Sajadah)
  • Artistik terbaik: Tri Andriyani (Teater Sajadah)
  • Penata Musik terbaik: Rizky Robbi (Teater Gempar Gemilang)
  • Penulis naskah terbaik: Dedy Supriatna Badal (Teater Sajadah)
  • Desain poster terbaik: Stefanus Asa (Teater Sakura)

*Daniel Deha

Baca Juga

Jokowi: Glenn Fredly Lebih Dari Seorang Musisi

Portal Teater - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka atas berpulangnya musisi gaek Glenn Fredly pada Rabu (8/4) malam. Glenn diketahui meninggal karena penyakit...

Goethe-Institut Gelar Tiga Acara Budaya Daring

Portal Teater - Goethe-Institut Indonesien sepenuhnya menyadari bahwa pandemi global virus Corona (Covid-19) bakal menghentikan semua acara kebudayaan selama paruh pertama tahun ini. Untuk...

Presentasi Fotografi Performans di Masa Krisis

Portal Teater - 69 Performance Club, sebuah platform seni performans yang digagas Forum Lenteng (Jakarta), kembali menyapa publik seni lewat fotografi performans. Seni performans ini...

Terkini

PSBB untuk Jakarta Berlaku Selama Dua Minggu

Portal Teater - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama dua minggu ke depan, mulai 10-23 April 2020. Penetapan PSBB...

Kemenparekraf Talangi Pekerja Pariwisata dan Seni

Portal Teater - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana memberikan stimulus fiskal bagi pekerja di bidang pariwisata dan seni. Pendataan akan diperketat agar tidak...

Temuan Kasus Baru Melonjak Drastis

Portal Teater - Temuan kasus baru pasien terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di Indonesia melonjak drastis pada Kamis (9/4). Otoritas melaporkan, ada 337 kasus baru...

500 Juta Penduduk Dunia akan Jatuh Miskin Karena Corona

Portal Teater - Oxfam, sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang fokus pada penanggulangan bencana dan advokasi, mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa dampak dari penyebaran...

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...