September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Penjelasan tentang planet Merkurius.  Misi Eksplorasi Merkurius.

Semua 8 planet di tata surya

Oleh: Ani Rachman, Guru di SDN No.111/IX Muhajirin, Muwaro Jambi, Provinsi Jambi

KOMPAS.comadalah tata surya Sekelompok benda langit yang berpusat di sekitar Matahari. Ada banyak hal di tata surya dan salah satunya adalah planet.

Planet adalah benda langit yang beredar mengelilingi Matahari. Waktu yang dibutuhkan planet untuk mengorbit tergantung pada jarak dari planet ke Matahari. Semakin jauh planet dari Matahari, semakin lama periode orbitnya.

Ada delapan planet di tata surya yaitu:

  • air raksa
  • Venus
  • Bumi
  • selasa
  • Kamis
  • Duduk
  • Uranus
  • Neptunus

Baca selengkapnya: Jarak dari Bumi ke Matahari dan planet-planet lain di Tata Surya

Berikut penjelasannya:

Air raksa

Shutterstock/Titik Yeti Deskripsi planet Merkurius. Misi Eksplorasi Merkurius.

Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari, dengan diameter 4.879,4 kilometer. Planet ini berjarak 58 juta kilometer dari Matahari.

Merkurius sulit dilihat di langit malam dari Bumi. Merkurius hanya dapat dilihat sebelum matahari terbenam atau matahari terbit.

Keunikan planet ini adalah ia dapat terbang mengelilingi Matahari dengan sangat cepat, tetapi berputar sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.

Venus

Penjelasan Planet VenusShutterstock Penjelasan Planet Venus

Venus adalah planet terdekat dengan Bumi dengan diameter 12.104 km. Planet ini lebih panas dari Merkurius yang lebih dekat dengan Matahari.

Ini sebabnya Planet Venus Ini memiliki lapisan atmosfer padat yang ditutupi oleh awan. Hal ini menyebabkan sinar matahari terperangkap di dalamnya.

Awan yang mengelilingi Venus unik untuk planet ini. Awan terlihat indah karena memantulkan sinar matahari, dan planet ini adalah planet paling terang di tata surya.

Venus berotasi dengan arah yang berlawanan dengan rotasi planet lain. Venus berputar searah jarum jam, dan satu hari di Venus sama dengan 243 hari Bumi.

READ  230 Juta Kumbang Tertua Ditemukan di Tetesan Dinosaurus, Seperti Apa Bentuknya? Halaman Semua

Baca selengkapnya: Urutan rotasi planet adalah dari yang tercepat ke yang paling lambat

Bumi

Deskripsi Bumi.  Para ilmuwan mengungkapkan bahwa Bumi muda tertutup magma dan gas dari lautan yang mendidih.Shutterstock/Jose L. Stephens Deskripsi Bumi. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa Bumi muda tertutup magma dan gas dari lautan yang mendidih.

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan satu-satunya objek astronomi yang diketahui memiliki kehidupan. Bumi berdiameter 12.742 kilometer, menjadikannya planet terbesar kelima di tata surya.

Bumi adalah planet yang istimewa karena air menutupi 70 persen permukaan, dan atmosfer bumi mengandung 78 persen nitrogen dan 21 persen oksigen, sehingga organisme dapat bernapas dan hidup di Bumi. Sehari di bumi adalah 24 jam. Bumi berputar mengelilingi matahari dalam waktu sekitar 365 hari.

selasa

Deskripsi Mars.Shutterstock Deskripsi Mars.

Mars dikenal sebagai planet merah dengan diameter 6.779 kilometer. Setengah ukuran Bumi, planet ini dikatakan menyerupai Bumi. Selain itu, satu hari di Mars sama dengan 24,6 jam di Bumi.

Planet ini juga memiliki kutub yang tertutup es. Suhu udara di Mars lebih dingin dari Bumi, yaitu minus 63 derajat Celcius, karena Mars lebih jauh dari Matahari daripada Bumi.

Baca selengkapnya: Urutan planet-planet di tata surya berkisar dari terang hingga padat

Kamis

Jupiter adalah planet yang berputar paling cepatShutterstock/Vadim Sadovsky Jupiter adalah planet yang berputar paling cepat

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Dengan diameter sekitar 139.820 kilometer, atmosfer Jupiter sebagian terdiri dari hidrogen dan helium.

Suhu di planet ini juga sangat rendah, mencapai kurang lebih minus 100 derajat Celcius. Jupiter adalah sebagian besar planet gas.

Lokasi pusat jauh dari pusat, dan planet ini memiliki bintik-bintik merah, yang merupakan badai raksasa. Satu hari di Jupiter sama dengan 12 tahun di Bumi.

READ  Hampir 100 tahun, besok asteroid ini kembali ke Bumi

Duduk

Deskripsi cincin SaturnusShutterstock Deskripsi cincin Saturnus

Saturnus adalah planet keenam dari Matahari dan planet terbesar kedua di Tata Surya. Saturnus sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium. Dengan diameter 116.460 kilometer, Saturnus sembilan kali lebih besar dari Bumi.

Saturnus tampaknya memiliki cincin di sekitarnya. Cincin ini terdiri dari cincin batu, debu, dan es yang terperangkap di orbit di sekitar planet ini.

Saturnus adalah raksasa gas yang berputar sangat cepat, menyebabkan tonjolan khatulistiwa.

Sehingga kutub tampak lebih datar dari planet lain. Saturnus mengorbit beberapa bulan, yang paling terkenal adalah Titan.

Baca selengkapnya: Apakah planet lain berotasi seperti Bumi?

Uranus

Deskripsi planet Uranus.Shutterstock/Vadim Sadovsky Deskripsi planet Uranus.

Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari, dengan diameter 50,724 kilometer. Uranus empat kali lebih besar dari Bumi. Uranus memiliki atmosfer yang sebagian besar terdiri dari hidrogen molekuler dan helium atom, dengan sejumlah kecil metana.

Uranus memiliki dua set cincin. Struktur internal terdiri dari sembilan cincin, yang sebagian besar berwarna abu-abu gelap dan berukuran sempit.

Ada dua cincin di luar, merah dan biru. Satu hari di Uranus sama dengan 84 tahun Bumi.

Neptunus

Deskripsi planet Neptunus Deskripsi planet Neptunus

Neptunus adalah planet kedelapan dari Matahari dan planet terjauh. Di Tata Surya, Uranus adalah planet terbesar keempat. Diameternya adalah 49.244 kilometer dan 57,7 kali ukuran Bumi.

Atmosfer Neptunus sebagian besar terdiri dari hidrogen dengan beberapa helium dan metana. Penyerapan cahaya merah oleh metana memberi Neptunus warna biru. Satu hari di Neptunus sama dengan 165 tahun Bumi.

Baca selengkapnya: Perbedaan planet, bintang, dan satelit

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join group Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

READ  Burj Khalifa Punya 3 Zona Waktu Sholat dan Buka Puasa, Ini Penjelasannya