Juli 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Semua sinyal kepedulian PTI-P dalam konteks awal aliansi Golkar-Pan-PPP

Jakarta, KOMPAS.com – Situasi politik negara memanas menjelang pemilihan presiden 2024 (Billpress).

Terbentuk Aliansi Indonesia Bersatu Partai Kolkar yang disusun oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menarik perhatian pemilik partai politik terbesar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

PDI-P khawatir munculnya aliansi ini akan menggoyahkan pemerintahan Joko Widodo-Maroof Amin.

Baca selengkapnya: Ingatkan Aliansi PDI-P Golkar-PAN-PPP, Wajib: Jangan Terburu-buru Pertandingan

Padahal, ketiga partai tersebut merupakan bagian dari koalisi yang berkuasa saat ini. Padahal, Jenderal Golkar Sir Erlanga Hardardo dan Jenderal PPP Sir Suharzo Monorfa masing-masing merupakan anggota kabinet Indonesia maju, sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Papenas.

Sementara itu, United Indonesia mengatakan aliansinya dibentuk sesuai dengan harapan presiden.

PTI-P

PDI-P mengaku tidak ingin munculnya koalisi Indonesia Bersatu dengan agenda politik 2024 ikut campur dalam pergerakan pemerintah.

Sekretaris Jenderal PTI-P Hasto Cristiano Menurutnya, kepentingan rakyat harus diprioritaskan.

“Jangan buru-buru membuang energi untuk kemajuan dan kemajuan bangsa dan negara pasca wabah. Ini yang kita promosikan,” kata Husto saat ditemui di Lapangan Bandeng, Jakarta, Jumat (20/20). /2018). 5/2022).

Baca selengkapnya: Husto: PDI-P boleh mencalonkan sendiri, kami tidak ikut tarian politik

Husto juga mengingatkan, pemerintahan Djokovic-Marouff dibentuk atas dasar kerja sama antarpartai politik. Kolaborasi ini memiliki mandat populer terbesar.

Ia mengatakan sudah menjadi tanggung jawab partainya untuk mengingatkan masyarakat akan amanat yang diberikan kepada pemerintah saat ini.

“Dengan kerjasama parpol, Pak Presiden Djokovic menjawab kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Husto membantah pertemuan PTI-P baru-baru ini dengan pimpinan umum beberapa partai politik merupakan upaya untuk membentuk koalisi.

Menurut dia, pertemuan pimpinan parpol lain, seperti pimpinan PTI Mehwati Sokornoputri dan Jerindra Prabho Subando, hanya sebatas pertemuan dalam rangka lebaran.

READ  CEO Air Asia Jadi Korban Banjir di Malaysia, Begini

“Belum koalisi. Dari sisi politik, koalisi ditandai dengan komitmen kerja sama berdasarkan platform politik, agenda pemerintah, dan program yang menjawab persoalan bangsa dan negara,” katanya.

Baca selengkapnya: Mengukur arah Aliansi Indonesia Bersatu dari sisi kepentingan Erlanga Hardardo

Husto berpendapat, partainya bisa mencalonkan sendiri capres (cawapres) dan cawapres (kongres) tanpa perlu beraliansi dengan partai lain. Hal ini dikatakan karena besarnya dukungan masyarakat terhadap PTI-BK.

“Karena dukungan rakyat pada pemilu lalu, PTI-P bisa mengajukan calon sendiri, PTI-B dari bawah,” kata Husto.

Husto mengatakan dukungan rakyat bagi partainya untuk mengajukan calon presidennya sendiri telah menjadi aset politik yang penting.

Karena itu, PTI-P belum memikirkan aliansi untuk Pilpres 2024 seperti Golkar, Ban, PPP.

Itu sebabnya kami tidak berpartisipasi dalam tarian politik.

Klaim Aliansi Indonesia Bersatu

Sejak terbentuknya Aliansi Indonesia Bersatu, pihak-pihak yang tergabung di dalamnya telah meyakinkan bahwa persatuan mereka tidak akan mengganggu jalannya pemerintahan Djokovic.

Misalnya, Ketua Umum Partai Golkar Erlanga Hardo mengatakan partai-partai yang tergabung dalam koalisi akan tetap mendukung rencana pemerintah.

Baca selengkapnya: Sesuai ekspektasi Djokovic, Airlangga Indonesia menyerukan aliansi bersatu

“Pemerintah sangat tegas, dengan 82 persen koalisi mendukung Presiden Joko Widodo. Tidak ada perubahan,” kata Airlanka di kediaman dinasnya di Jakarta Selatan, Minggu (15/5/2022).

Airlangga mengatakan pembentukan koalisi Indonesia Bersatu tidak akan mengurangi dukungan politik kepada pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian memastikan bahwa pemerintah akan terus berfungsi secara efektif, bahkan ketika partai politik mulai mempersiapkan pemilihan umum 2024.

“Sangat efektif (gerakan pemerintah), dengan 82 persen bersaksi bahwa semua program dapat dipercepat, dan itu berjalan baik dalam menangani percepatan rencana strategis nasional dan pemulihan ekonomi,” katanya.

Airlangga mengatakan, pembentukan Aliansi Indonesia Bersatu sesuai dengan harapan Presiden Djokovic. Sebab, menurutnya, ketiga parpol yang tergabung dalam koalisi tersebut semuanya berpengalaman dalam pembangunan.

READ  Toko dan pembeli membawanya ke toko pemilik Tombok Jutaan

“Tentu pengalaman dalam menangani perkembangan ini sudah dijajaki oleh ketiga pihak ini, dan tentunya ini sesuai dengan harapan Presiden,” kata Airlanka dalam keterangannya, Kamis (19/5/2022).

Antara foto / indriando echo swarso Usai rapat di Jakarta, Kamis (12/5/2022), Golkar berjabat tangan dengan pimpinan partai Erlanga Hardardo (tengah), pimpinan PAN Zulkifli Hassan (kanan) dan pimpinan umum PPP Suharzo Monorfa (kiri). Pertemuan tersebut dalam rangka pertemuan Idul Fitri dan pembahasan Aliansi Bersatu (Bering, Ka’bah dan Matahari). Antara Foto / Indriando Echo Suvarso / YU

Airlangga mengatakan baik Kolkar, Ban maupun PPP memiliki pengalaman di pemerintahan. Kolkar dan PPP saat ini menempatkan staf mereka sebagai bagian dari kabinet Indonesia yang disempurnakan.

Sementara itu, PAN memiliki pengalaman bergabung dengan pemerintahan Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut Airlangga, kerjasama 3 parpol tersebut dilandasi oleh kesamaan visi dan misi untuk tanah air, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, sejahtera, dan sejahtera.

“Selain itu, ketiga parpol tersebut berusaha menggoyahkan polarisasi akibat peristiwa politik yang terjadi sejak pemilihan presiden lalu,” katanya.

Kecemasan

Kundo Adi Wipo, direktur pelaksana Lembaga Survei Kedagopi, yang mempelajari hal ini, mempertimbangkan laporan tersebut. Sekjen PDI-P Munculnya Koalisi Indonesia Bersatu merupakan bentuk kepedulian terhadap partai berlambang banteng itu menjelang pemilihan presiden 2024.

Kundo mengatakan munculnya koalisi Indonesia Bersatu seharusnya tidak menjadi masalah di pemerintahan karena koalisi telah berjanji untuk terus mendukung Djokovic-Maruf sampai akhir masa jabatan mereka.

Baca selengkapnya: Air Lanka Undang Koalisi Indonesia Bersatu Penuhi Persyaratan Pengajuan Capres

Namun kemunculan aliansi ini begitu pesat sehingga dapat mengganggu agenda politik yang disusun oleh pihak lain, termasuk PTI-P.

“Aliansi Indonesia Bersatu sudah lama terbentuk, yang tidak biasa dan umumnya akan mengacaukan galaksi atau peta politik yang mungkin telah direncanakan PDI-P sebelumnya,” kata Kundo kepada wartawan. Kompas.comJumat (20/5/2022).

READ  Anggota Komisi VI mendesak Bappebti untuk mencegah penarikan anggota DNA Pro

Menurut Kundo, munculnya aliansi Golkar, Ban, dan PPP bisa menciptakan 3 sumbu dalam Pilpres 2024. Artinya akan ada 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden, sehingga pemilihan presiden akan berlangsung pada tanggal 2. sirkuit.

Kundo mengatakan kemungkinan ini menjadi perhatian PTI-P. Partai yang diketuai Megawati Sokornoputri itu khawatir persaingan di Pilpres 2024 akan semakin ketat.

Dengan lahirnya Koalisi Indonesia Bersatu, PDI-P kemungkinan akan diganggu oleh partainya, mitra politik terbesar, yang gagal menentukan mitra koalisi untuk pemilihan presiden 2024 secara independen.

Baca selengkapnya: Untuk Menteri Djokovic, PTI-B: Prestasi Cetak Diakui Rakyat, Bukan Film

“Mungkin ini yang dikhawatirkan Bach Husto (Sekjen PTI Husto Cristiano), nanti peta politik PTI-B makin ramai kursinya, nanti jalan sendiri, sekarang kartunya sudah tidak masuk lagi. PTI-P, kartu PTI-P juga ada kartunya. Aliansi Indonesia Bersatu,” kata Kundo.

“Jadi, sebelum aliansi ini terbentuk, PDI-P punya kartu untuk menentukan dengan siapa dia harus bersama atau harus sendiri, jadi berapa pasangan calon yang dibentuk,” lanjut dosen Unpad itu.

Namun, lanjut Kundo, PDI-P tidak perlu terlalu khawatir dengan keberadaan aliansi Indonesia Bersatu.

Pasalnya, meski mengumumkan aliansi, Indonesia Bersatu belum mengumumkan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusungnya.

“Platform aliansi dan rencana aliansi belum diumumkan, sehingga dapat diisi oleh orang-orang yang sejalan dengan rencana dan visi aliansi dan platform,” kata Kundo.

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.