Sentuhan Seni Rupa dalam 214 Karya Arsitektur Mahasiswa di Galnas

Portal Teater – Setelah sukses menggelar pameran “Excursion” untuk menandai lima tahun Jakarta Illustration Visual Art (JIVA) pada 8-27 Januari 2020, Galeri Nasional Indonesia kembali memberikan ruang apresiasi publik terhadap sentuhan seni rupa dalam pameran arsitektur.

Pameran ini bertajuk “AFAIR” (Architecture Fair). Dibuka pada Selasa (28/1) di Ruang Serbaguna Galnas, Jakarta, dan akan berlangsung hingga 9 Februari 2020 mendatang.

Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, Galeri Nasional Indonesia, dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) bersama-sama menginisiasi agenda pameran yang menampilkan karya-karya terbaik para mahasiswa arsitektur ini.

AFAIR 2020 dikurasi oleh Yandi Andri Yatmo yang sekaligus merupakan Ketua APTARI, menghadirkan 214 karya arsitekur baik dua dan tiga dimensi.

Karya-karya ini terdiri dari 105 karya mahasiswa arsitektur dari 62 universitas/institusi yang bergabung dalam APTARI dan 109 karya mahasiswa Departemen Arsitektur UI yang dipilih berdasarkan pertimbangan kuratorial.

Para pengunjung mengapresiasi karya pameran arsitektur "AFAIR 2020" di Galeri Nasional Indonesia. -Dok. GNI.
Para pengunjung mengapresiasi karya pameran arsitektur “AFAIR 2020” di Galeri Nasional Indonesia. -Dok. GNI.

Menjaga Keseimbangan Kosmos

Mengutip publikasi Galnas, Yandi mengatakan, ikhtiar dasar pameran ini adalah ingin menjadikan mahasiswa sebagai garda terdepan untuk menjadikan arsitektur sebagai salah satu cara mencapai keseimbangan kosmos.

Hal itu tercermin dari tema yang diangkat dalam pameran ini, yakni “Us Within Us Without”, yang menunjukan bagaimana keterhubungan manusia dengan dunia arsitektur.

Lewat karya-karya yang dipamerkan, publik dapat melihat arsitektur sebagai cara untuk menemukan jawaban atas berbagai permasalahan mulai dari lingkungan, iklim, sosial, budaya, hingga bencana.

Yandi berharap, karya-karya ini bisa mendorong diskursus yang memberikan arahan baru untuk pendidikan arsitektur, untuk mencetak arsitek yang kritis dan mampu mempertanggungjawabkan karyanya.

Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto menyebutkan, secara artistik, pameran ini lebih merupakan bentuk perkawinan yang menarik antara seni rupa dengan arsitektur.

Karena itu, ia berharap pameran ini mendorong penciptaan kreasi seni baru yang menggabungkan beragam disiplin ilmu, terutama di kalangan seniman yang lebih muda.

Selain program pameran, AFAIR 2020 juga menghadirkan beragam rangkaian cara seperti diskusi terbuka dan presentasi karya yang akan digelar sepanjang pameran AFAIR 2020 berlangsung di Galnas.

Pameran dibuka tiap hari (kecuali cuti dan libur nasional) setiap pukul 10.00-19.00 WIB.

Ikuti terus update terbaru dari Galnas di fanpage: Galeri Nasional Indonesia, atau melalui akun AFAIR 2020: @afairui.*

Baca Juga

Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan dan Kelas Seni Daring

Portal Teater - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggagas penyajian aneka pertunjukan dan kelas seni dengan memanfaatkan media daring atau online. Hal itu bertujuan...

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Pasien Positif Corona Diprediksi Melonjak Setelah “Rapid Test”

Portal Teater - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Doni Monardo mengatakan kepada Kompas TV, Rabu (25/3), bahwa jumlah pasien positif virus corona...

Terkini

Linimasa Kasus Corona Indonesia Selama Maret 2020

Portal Teater - Sebulan penuh Indonesia telah bergumul dengan ancaman virus Corona (Covid-19). Sejak pertama teridentifikasi melalui dua pasien Corona di Depok, Jawa Barat,...

Industri Seni Indonesia Menderita

Portal Teater - Di tengah pandemi global virus Corona (Covid-19), industri seni Indonesia ikut menderita. Jika beberapa negara terpapar corona sudah menggelontorkan dana untuk menopang...

Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan dan Kelas Seni Daring

Portal Teater - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggagas penyajian aneka pertunjukan dan kelas seni dengan memanfaatkan media daring atau online. Hal itu bertujuan...

ATAP Manfaatkan Media Daring Gelar Parade Monolog

Portal Teater - Kreativitas senantiasa mengalir tanpa muara. Kalaupun ada, maka itu adalah awal bagi gagasan baru untuk terus berproses kreatif. Dalam situasi krisis...

Presiden Jokowi Tetapkan Pembatasan Skala Besar

Portal Teater - Setelah melewati pelbagai pertimbangan, Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan laju penyebaran dan pertumbuhan...