September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Setelah Galaxy Z Fold 4, ponsel lipat lama dan tablet Samsung akan mendapatkan Android 12L

KOMPAS.com – sistem operasi (OS) terutama untuk perangkat layar besar seperti ponsel flip (Ponsel yang dapat dilipat) dan tablet, Android 12L Lebih banyak perangkat dikatakan akan segera hadir Samsung Segera.

Samsung meluncurkan Android 12L OS berdasarkan antarmuka OneUI 4.1 sebagai default pada ponsel yang dapat dilipat. Galaxy Z Lipat 4 Dirilis Agustus lalu.

Berkat OS Android 12L, Galaxy Z Fold 4 hadir dengan beberapa fitur baru. Salah satu yang paling menarik adalah fitur taskbar di bagian tengah bawah layar.

Bilah tugas terlihat mirip dengan antarmuka iPadOS dan mode Samsung DeX pada tablet Samsung.

Baca selengkapnya: Taskbar Baru Samsung Galaxy Z Fold 4 Membuat Multitasking Semakin Mendadak

Fitur bilah tugas awalnya tidak ada di ponsel Galaxy Z Lipat 3. Namun, ponsel lipat yang dirilis pada 2021 akan mendapatkan fitur bilah tugas di masa mendatang.

Alasannya, menurut laporan media Pengembang XDADSamsung telah mulai meluncurkan pembaruan antarmuka OneUI 4.1.1 Galaxy Z Fold 3 didasarkan pada Android 12L untuk ponsel yang dapat dilipat.

Galaxy Fold 3 akan mendapatkan fitur taskbar yang mirip dengan Galaxy Z Fold 4 di masa mendatang.

Ponsel lipat Samsung generasi lama seperti Galaxy Z Fold 2 (2020) dan Galaxy Fold (2019) juga dikabarkan akan mendapatkan pembaruan OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L.

Baca selengkapnya: Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

COMPASS.com/Bill Clinton Tampilan bilah tugas di Galaxy Z Fold 4.

Daftar tablet dan ponsel Samsung yang menerima Android 12L

Di samping itu Ponsel yang dapat dilipatSamsung telah memperluas distribusi Android 12L OS ke tabletnya.

Menurut laporan Pengembang XDAD, Meningkatkan OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L mulai diluncurkan ke jajaran tablet seri Samsung Galaxy Tab S8 terbaru termasuk Galaxy Tab S8, Galaxy Tab S8 Plus dan Galaxy Tab S8 Ultra Agustus lalu.

Selain itu, Samsung Galaxy Tab S7 Series dapat ditingkatkan ke OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L baru-baru ini.

Menurut laporan media SamMobileGalaxy Tab S7 “Reguler” hadir dengan pembaruan OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L firmware T870XXU2CVH3. Berisi versi pembaruan untuk Galaxy Tab S7 Plus firmware T970XXU2CVH3.

Pembaruan OneUI 4.1.1 untuk seri Galaxy Tab S8 dikatakan hanya tersedia di AS, Eropa, dan Korea Selatan. Pembaruan OneUI 4.1.1 hanya tersedia di Prancis dan Korea Selatan untuk perangkat seri Galaxy Tab S7.

Baca selengkapnya: Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Pembilasan Perbarui perangkat lunak Biasanya dilakukan secara bertahap. Dengan demikian, perangkat Galaxy Tab S8 Series dan Galaxy Tab S7 Series di negara lain kemungkinan akan mendapatkannya. Meningkatkan OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L dalam beberapa hari ke depan.

Jika Anda memperbarui ke OneUI 4.1.1, pengguna Galaxy Tab S8 Series dan Galaxy Tab S7 Series dapat menikmati fitur taskbar secara langsung tanpa perlu mengalihkan antarmuka tablet ke mode Samsung DeX.

Berikut adalah daftar lengkap perangkat Samsung yang tersedia Meningkatkan Platform Android 12L:

  • Samsung Galaxy Z Lipat 3
  • Samsung Galaxy Z Lipat 2
  • Samsung Galaxy Lipat
  • Samsung Galaxy Tab S8
  • Samsung Galaxy Tab S8 Plus
  • Samsung Galaxy Tab S8 Ultra
  • Samsung Galaxy Tab S7
  • Samsung Galaxy Tab S7 Plus

Meski begitu, belum ada jadwal pasti untuk meluncurkan update OneUI 4.1.1 berbasis Android 12L ke perangkat di atas. Namun, pengguna dapat mengunjungi dan memeriksa ketersediaannya dari waktu ke waktu “Sistem” > “Pembaruan perangkat lunak”Disusun KompasTekno dari Pengembang XDAD, Selasa (6/9/2022).

Fitur Android 12L

Antarmuka Android 12L hadir dalam format dua kolom dengan bilah notifikasi dan pengaturan cepat.Google Antarmuka Android 12L hadir dalam format dua kolom dengan bilah notifikasi dan pengaturan cepat.

Android 12L merupakan sistem operasi turunan dari Android 12, dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar lebih besar. Misalnya, tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang dapat dilipat, atau perangkat lain dengan ukuran layar di atas 600 dp.

Pengembang Android Google pertama kali merilis Android OS versi 12L stabil Pada bulan Maret beberapa ponsel buatan sendiri yaitu Google Pixel.

Dengan Android 12L, Google juga telah meningkatkan tampilan notifikasi, pengaturan cepat, layar kunci, ikhtisar, dan desain layar beranda untuk perangkat layar yang lebih besar. Misalnya, terdapat fitur taskbar sehingga pengguna dapat dengan mudah dan cepat berpindah antar aplikasi yang sedang digunakan.

Baca selengkapnya: Samsung Galaxy Z Fold 4 telah menjadi ponsel pertama dengan Android 12L

Google juga meningkatkan tampilan notifikasi dan Pengaturan cepat Seperti yang ditunjukkan di atas, sekarang akan ditampilkan dalam format dua kolom. Kolom di sebelah kiri adalah referensi Pengaturan cepat (Internet, Bluetooth, Tema Gelap, Pengaturan, dll.) dan kolom di sebelah kanan untuk notifikasi.

Kemudian, antarmuka Pengaturan Juga hadir dalam versi dua kolom. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir bolak-balik ke start menu Pengaturan Untuk mengakses pengaturan lainnya.

Ini juga mendukung fitur Android 12L layar terpisah. Seperti namanya, fitur ini dapat membagi tampilan layar untuk membuat dua atau lebih jendela aplikasi.

mode layar terpisah Google mengatakan 12L sekarang lebih efisien di Android. Pengguna cukup tertarik (menarik) dan keluaran (menyerah) untuk menjalankannya, jendela aplikasi dari taskbar ke layar.

Dapatkan pembaruan berita khusus Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Gabung grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

READ  Kesan Pertama Mengenggam Xiaomi 12 Pro di Meluncur Indonesia 7 April