Juli 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Shin Tae-yong pernah mempermalukan timnas Indonesia di Piala Asia 1996, dan kini Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023: Okeson Bola

Shin Tae-yong Dihina dulu tim nasional indonesia Di Piala Asia 1996, tim Garuda kini lolos ke Piala Asia 2023. Sosok Shin Tae-yong menjadi perbincangan masyarakat Indonesia sepanjang Rabu, 15 Juni 2022.

Karena Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang lolos ke timnas Indonesia ke Piala Asia dalam 16 tahun! Timnas Indonesia terakhir kali kalah di Piala Asia 2007, melampaui status tuan rumah.


(Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023)

Namun, siapa sangka Shin Tae-yong pernah menghadapi timnas Indonesia di Piala Asia 1996.

Saat itu, Korsel dan Timnas Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Uni Emirat Arab dan Kuwait. Pada pertandingan hari pertama, Timnas Indonesia dihentikan oleh Kuwait 2-2.

Sementara itu, Korea Selatan bermain 1-1 dengan Uni Emirat Arab. Baru di hari kedua pertandingan terjadi bentrokan antara Timnas Korsel dan Timnas Indonesia. Dengan sama-sama gagal meraih kemenangan di hari pertama, baik Korsel maupun Timnas Indonesia sama-sama mengincar kemenangan untuk membuka pintu lolos ke perempat final Piala Asia 1996.

Alhasil, pertandingan hanya berlangsung 15 menit, dengan Korea Selatan unggul 3-0 berkat gol Kim Do-hoon (5′) dan dua gol Hwang Sun-hon (7′ dan 15′). Usai menang 3-0, pelatih Korsel Park Zhang-hwan memasukkan Shin Tae-yong pada menit ke-33.

Diharapkan Shin Tae-yong akan menambah gol ke gawang tim nasional indonesia Dan banyak lagi. Pasalnya, saat itu Shin Tae-yong merupakan playmaker terbaik di Korea Selatan.

Shin Tae-yong

(Diungkapkan oleh Shin Tae-yong saat pertandingan melawan Indonesia melawan Korea Selatan di Piala Asia 1996)

Korsel mencetak gol keempat pada menit ke-55 melalui aksi Ko Jiang Woon. Namun, permainan Korea Selatan benar-benar tersendat setelah itu.

READ  Free Training 2 MotoGP Austria 2021: Leguna Lebih Cepat, Marquez Mulai Bangkit, dan Valentino Rossi Masih Turun: Oxon Games

Timnas Indonesia mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-58 melalui sepak pojok Ronnie Wafia dan Widodo Kahiono Putro (65′). Skor berubah menjadi 2-4 untuk keunggulan Korea Selatan.

26 tahun kemudian, Shin Tae-yong Pria yang mengubah karir sebagai pelatih ini didatangkan untuk lolos ke timnas Indonesia Piala Asia 2023. Tentu, ia berharap Shin Tae-yong bisa memimpin timnas Indonesia ke Piala Asia 2023.