Siaran Pers Etno Musik Festival 2019

Portal Teater – Musik Tradisional merupakan warisan leluhur yang harus dijaga dan terus dilestarikan. Musik sangat erat dalam kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, hampir disetiap suku dan kebudayaan masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari keberadaan musik di dalamnya.

Musik sering kali dibuat dengan filosofi-filosofi yang mengiringi kehidupan masyarakat di
sebuah daerah. Musik tradisi sesunguhnya merupakan sumber inspirasi yang tidak pernah kering bagi para pemusik muda dalam berkreasi dan mengembangkan eskpresi musikalnya.

Dahulu, musik selalu menjadi bagian penting dari upacara-upacara adat istiadat yang di antaranya untuk ritual spiritual.

Selain itu pula, musik merupakan sebuah cara “permisi” untuk segala hal yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam kultur masyarakat. Berladang, beternak, berkeluarga, hingga membangung sebuah pemukiman biasanya dibuka dengan iringan musik yang berguna untuk meminta izin ataupun bentuk penghormatan kepada leluhur dan sang pencipta kehidupan.

Penampilan musik tradisi Irama Jakarta pada pembukaan Etno Musik Festival di GBB TIM Jakarta. -Dok. Eva Tobing dan Rosa Panggabean/DKJ.
Penampilan musik tradisi Irama Jakarta pada pembukaan Etno Musik Festival di GBB TIM Jakarta. -Dok. Eva Tobing dan Rosa Panggabean/DKJ.

Namun, perkembangan musik tradisional kini seolah terkikis oleh modernitas. Perkembangan zaman yang kini mengarah ke era digitalisasi memiliki dampak pada  keberlangsungan musik tradisional itu sendiri.

Dari segi instrumen sendiri, banyak alat musik yang saat ini terdigitalisasi, berubah dari instrumen tradisional ke instrumen-instrumen elektronik. Dalam dunia seni, selain film, musik kini yang berjalan paling seimbang bersama dan dengan perkembangan teknologi.

Batas-batas bunyi menembus teritori yang tidak terbayangkan sebelumnya. Bunyi mulai dilihat sebagai visual, sebagai objek dan sebagai ruang. Objek maupun medium apa pun bisa diperlakukan sebagai instrumen.

Berbagai aplikasi musik tersedia untuk digunakan mengolah jenis suara apa pun. Medan tersebut memunculkan berbagai tantangan baru. Dan pada gilirannya, musik sedang didefinisikan kembali melalui praktik-praktik lintas media dan lintas disiplin.

Melihat semakin tersingkirnya musik tradisonal, Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) untuk kali pertama menggelar “Etno Musik Festival 2019” yang diselenggarakan pada tanggal 8-12 September 2019, di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Program ini dibuat untuk merawat dan meningkatkan kualitas musik Nusantara. Etno Musik Festival juga merupakan sebuah ruang bertukar gagasan antar seniman musik Nusantara.

Etno Musik Festival 2019 menghadirkan kelompok-kelompok musik dari berbagai wilayah di Nusantara yang masih jarang tersentuh masyarakat luas.

Pertunjukan musik kolaborasi bertajuk "Rampak Nusantara" oleh 16 grup partisipan di Lobby GBB TIM Jakarta. -Dok. portalteater.com
Pertunjukan musik kolaborasi bertajuk “Rampak Nusantara” oleh 16 grup partisipan di Lobby GBB TIM Jakarta. -Dok. portalteater.com

Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta mengundang 21 kelompok musik yang meliputi DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Bali, Jawab Barat, NTT, Jawa Timur, Sulawesi Tengah.

Tidak hanya kelompok musik dalam negeri, Etno Musik Festival 2019 juga menghadirkan tiga kelompok musik tradisi asal Malaysia, Filipina, dan China.

Selain menyajikan pertunjukan musik tradisi, Etno Musik Festival 2019 juga akan diisi dengan pameran “Alat-Alat Musik Tradisi” dari  koleksi Anusirwan dan Endo Suanda serta diskusi seputar musik tradisi dengan mengundang para pakar sebagai pemateri dalam diskusi.

Pameran "Alat Musik Tradisi" di Lobby GBB TIM Jakarta. -Dok. portalteater.com
Pameran “Alat Musik Tradisi” di Lobby GBB TIM Jakarta. -Dok. portalteater.com

Program ini merupakan sikap apresiatif terhadap nilai budaya terdahulu sebagai bahan kontemplasi perkémbangan peradaban bangsa yang telah terbangun sejak dulu dan tumbuh berkembang sampai sekarang dengan berbagai pengaruh budaya lain yang juga masuk ke dalam budaya kita.

Pun sebagai bahan studi Geo Etno Musikolgi sehingga bangsa ini menjadi sebuah bangsa yg mengerti kenapa terjadi banyak perubahan ( berkembang ) sifat dan sikap bangsa Indonesia yang kita sama sama cintai.

Etno Musik Festival 2019 akan menjadi ruang dialog baru antar kelompok musik tradisi baik dalam maupun luar negeri, terjadi pertemuan baru bahwa musik tradisi juga terus berkembang bersama dengan perubahan jaman, serta membuat generasi muda yang hidup di era digital kembali memetakan warisan musik leluhur yang sejatinya adalah sebuah identitas kultu sebuah bangsa.

*Daniel Deha

Baca Juga

Industri Seni Indonesia Menderita

Portal Teater - Di tengah pandemi global virus Corona (Covid-19), industri seni Indonesia ikut menderita. Jika beberapa negara terpapar corona sudah menggelontorkan dana untuk menopang...

Virus Corona dan Problem Kultural

Portal Teater - Virus corona (Covid-19) yang kini melanda dunia, bagi Yuval Noah Harari, salah satu filsuf masakini, merupakan krisis global. Mungkin krisis terbesar...

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Terkini

Shahid Nadeem: Teater sebagai Kuil

Portal Teater - Dramawan terkemuka Pakistan Shahid Nadeem dalam pidatonya pada World Theater Day 2020 (27 Maret) mengatakan bahwa penciptaan teater masa kini harus...

Jelajahi Pameran dan Koleksi Seni Museum MACAN Lewat Tur Digital

Portal Teater - Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) Jakarta membuka program tur digital untuk mengajak publik menjelajahi pameran dan koleksi seni...

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Intelijen AS Sebut China Sembunyikan Data Covid-19

Portal Teater - Intelijen Amerika Serikat dalam sebuah laporan rahasia mengatakan bahwa pemerintah China telah menyembunyikan data penyebaran virus Corona di negara itu, terutama...

Seni (Harus) Tetap Hidup Melawan Pandemi

Portal Teater - Beberapa bulan terakhir adalah masa berat bagi seluruh umat manusia, termasuk para seniman dan pekerja seni. Virus Corona (Covid-19) telah menewaskan...