Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Suntikan Maut, Ini Sejarah Toyota Vios

Jakarta, KOMPAS.com – Produksi Toyota Vios Pabrik perakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat dikabarkan dihentikan.

Kabar tersebut muncul setelah video beberapa pekerja pabrik berpamitan sambil membawa secarik kertas bertuliskan ‘sayonara’. Vios” muncul di media sosial.

Namun, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam belum mau berkomentar lebih jauh terkait kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Namun dia juga tidak menampik kabar tersebut.

“Ini hanya media sosial, tidak ada pengumuman resmi dari TMMIN,” tulis Bob kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Selasa (2/7/2022).

Baca selengkapnya: Siswa tidak disarankan membawa sepeda motor ke sekolah, dan pengunjung mengejek angkutan umum

Sebagai informasi, Toyota Vios pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada tahun 2003 sebagai pengganti Toyota Soluna di segmen mobil. Sedan. Saat itu Vios bersaing ketat dengan Honda City dan Suzuki Baleno. Vios juga hadir sebagai sedan taksi dengan nama lain Limo.

Foto: Cari dan Temukan 24 Toyota Vios 1.5G 2003

Vios generasi pertama ditenagai mesin 1.496 cc 1NZ-FE yang mampu menghasilkan tenaga 109 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.200 rpm.

Dua tahun kemudian, Vios disegarkan dengan sedikit ubahan pada desain gril, lampu sein dan warna interior (gading).

Kemudian pada tahun 2007, Toyota Vios generasi kedua diperkenalkan dengan desain eksterior yang mirip dengan Toyota Yaris. Mobil ini dilengkapi dengan suspensi yang empuk dan lebih nyaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, Vios generasi kedua juga hadir dengan roda kemudi yang dapat dilipat di semua varian beserta fitur keselamatan tambahan seperti ABS, EBD dan BA.

READ  China membawa model batu ke bulan menggunakan drone luar angkasa

Berbicara soal mesin, mobil ini dibekali dengan mesin pacu jantung 1.500 cc VVT-i yang mampu menyemburkan tenaga 109 hp. Mobil ini dilengkapi dengan Intelligent Drive by Wire ETCS-i yang membuatnya lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Toyota Vios 2016 telah diluncurkan di Malaysia.Toyota Malaysia Toyota Vios 2016 telah diluncurkan di Malaysia.