Februari 8, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Survei besar-besaran galaksi Bima Sakti mengungkapkan miliaran benda langit

DECaPS2/DOE/FNAL/DECam/CTIO/NOIRLab/NSF/AURA

Para astronom telah merilis survei besar-besaran galaksi Bima Sakti. Kumpulan data baru berisi 3,32 miliar benda langit, menjadikannya katalog terbesar yang pernah ada.

nationalgeographic.co.id-Para astronom telah merilis survei besar galaksi Bima Sakti. Kumpulan data baru berisi 3,32 miliar objek langit yang mengejutkan. Ini adalah daftar terbesar yang pernah ada.

Data untuk survei yang belum pernah terjadi sebelumnya ini diambil Kamera Energi GelapDikembangkan oleh Departemen Energi AS di NSF Inter-American Laboratory di Cerro Tololo, Chili, adalah proyek NOIRLab.

Galaksi Bima Sakti Berisi ratusan miliar bintang. Ia memiliki wilayah pembentuk bintang yang bercahaya dan awan debu dan gas yang tinggi. Pencitraan dan katalogisasi objek-objek ini untuk dipelajari adalah tugas yang menakutkan. Tapi set data astronomi yang baru dirilis, yang dikenal sebagai rilis data kedua dari Dark Energy Camera Plane Survey (DECaPS2), mengungkapkan jumlah yang mengejutkan dari objek-objek ini dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Survei DECaPS2, yang membutuhkan waktu dua tahun untuk diselesaikan dan menghasilkan lebih dari 10 terabyte data dari 21.400 paparan individu, mengidentifikasi 3,32 miliar objek dalam katalog terbesar yang disusun hingga saat ini.

Koleksi yang belum pernah ada sebelumnya ini dimungkinkan oleh proyek NSF NOIRLab di Cerro Tololo Inter-American Observatory (CTIO) oleh Victor M. Ditangkap oleh instrumen Dark Energy Camera (DECam) pada teleskop Blanco 4 meter. CTIO adalah konstelasi teleskop astronomi internasional yang terletak di atas Cerro Tololo di Chile pada ketinggian 2200 meter. Titik pandang CTIO memberi para astronom pemandangan Belahan Bumi Selatan yang tak tertandingi, memungkinkan DECam menangkap bidang Galaksi Selatan dengan detail yang luar biasa.


DECaPS2 adalah survei lapangan Bima Sakti seperti yang terlihat dari langit selatan yang diambil pada panjang gelombang optik dan inframerah. Kumpulan data pertama dari DECaPS dirilis pada tahun 2017. Dengan penambahan rilis data baru, survei sekarang mencakup 6,5% langit malam dan mencakup 130 derajat. Meski terdengar sederhana, ini sama dengan 13.000 kali luas sudut bulan purnama.

Sebagai referensi, gambar beresolusi rendah dari data DECaPS2 dihamparkan pada gambar yang menunjukkan seluruh langit.  Kotak info adalah tampilan resolusi penuh dari sebagian data DECaPS2.

DECaPS2/DOE/FNAL/DECam/CTIO/NOIRLab/NSF/AURA

Sebagai referensi, gambar beresolusi rendah dari data DECaPS2 dihamparkan pada gambar yang menunjukkan seluruh langit. Kotak info adalah tampilan resolusi penuh dari sebagian data DECaPS2.

Kumpulan data DECaPS2 tersedia untuk seluruh komunitas ilmiah dan disediakan oleh Astro Data Lab NOIRLab, bagian dari Pusat Data dan Sains Sosial. Akses interaktif ke pencitraan Pindai/Perbesar Di browser web tersedia dari Legacy Survey Viewer, World Wide Telescope dan Aladdin.

Sebagian besar bintang dan debu di Bima Sakti terletak di cakramnya, tempat lengan spiral berada. Meskipun bintang dan debu yang melimpah ini menghasilkan gambar yang indah, pengamatan bidang galaksi menjadi sulit.

Terlepas dari tantangannya, para astronom terus mempelajari bidang galaksi untuk lebih memahami Bima Sakti kita. Dengan mengamati pada panjang gelombang inframerah-dekat, kami dapat melihat melewati sebagian besar debu penyerap cahaya. Para peneliti menggunakan pendekatan pemrosesan data inovatif yang memungkinkan mereka memprediksi latar belakang setiap bintang dengan lebih baik. Ini membantu mengurangi efek nebula padat dan bidang bintang dalam gambar astronomi yang begitu besar. Ini memastikan bahwa daftar akhir dari data yang diproses sangat akurat.

READ  Warga Bekalongan: Siap potong leher Reese, usap mata

Baca selengkapnya: Bintang lama dan baru memberikan gambaran yang berbeda tentang Galaksi Segitiga





Konten yang dipromosikan

Video khusus