Taiwan Rekatkan Persahabatan dengan Indonesia melalui ‘Formosa Circus Arts’

Portal Teater – Sebelas pemain Sirkus Formosa Taiwan atau Formosa Circus Arts (FOCA) menampilkan pertunjukan sirkus akrobatik berbalut teater kontemporer yang menggetarkan jiwa publik ibukota di Balai Kartini Jakarta, Kamis (27/6) pekan lalu. Pertunjukan itu bukan sebuah sirkus biasa, tetapi dengan memilih tema ‘The Heart of Asia’, menyiratkan pesan yang sangat mendalam.

Sebagaimana disebutkan manajemen FOCA, pertunjukan itu tidak hanya mempertontonkan daya magis kesenian semata, tetapi serentak sebagai ruang bagi upaya persahabatan dan kerjasama kesenian antara masyarakat dari kedua negara: Taiwan dengan Indonesia.

Lebih dari itu, Taiwan ingin mempresentasikan upaya mendorong pertukaran budaya dengan negara-negara mitra Kebijakan Baru Arah Selatan (New Southbound Policy/NSP) yang dilaksanakan oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA). Jadi, secara tidak langsung, pertunjukan ini didatangkan oleh MOFA.

Pagelaran sirkus akrobatik FOCA itu merupakan yang pertama kalinya di Jakarta. Selain menggelar pertunjukan di Balai Kartini, FOCA juga telah menggelar pertukaran budaya dengan sanggar guru tari tradisional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan di Surabaya.

Dimulai dengan latar suara deburan ombak, sembilan penari merangsek ke atas panggung. Mereka membawa bola kaca yang dimainkan dengan syahdu.

Aksi teatrikal berpindah pada satu penari pria yang membawa bendera merah dan penari lainnya yang melakukan akrobatik.

Aksi-aksi tersebut merepresentasikan budaya Taiwan yang adalah rumah yang indah dengan 23 juta penduduk; yang hidup penuh keharmonisan.

Selama durasi 90 menit, para pemain menampilkan pertunjukan yang penuh aksi teatrikal, akrobatik, sekaligus menegangkan untuk dinikmati.

Terbagi Jadi 4 Bagian

Pementasan para seniman Taiwan itu terbagi menjadi empat bagian. Pertama, menampilkan nuansa budaya Timur yang berhubungan dengan posisi geografis dari Taiwan dengan martial arts dan tai-chi.

Kedua, nuansa Hakka, yaitu salah satu suku di Taiwan dengan menghadirkan semangat suku Hakka dengan menampilkan gerakan memetik teh, bunga tong dan pertunjukkan kursi-kursi yang ditumpuk.

Ketiga, nuansa Aborigin, yaitu tentang kehidupan anak kecil yang baru lahir sampai menjadi pria dewasa. Di dalamnya juga ada pertunjukan yoyo lampu.

Akhirnya, ada nuansa multikultural yang menunjukkan masyarakat Taiwan penuh dengan keberagaman.

Pada akhir ini, tidak hanya budaya Taiwan dan suku-suku di dalamnya saja yang dipertunjukan, tetapi juga memadukan unsur Timur dan Barat, tradisional dan balutan gerak tari kontemporer serta akrobatik.

Sementara, dalam beberapa bagian lain akan terlihat para pemain berdiri melayang di atas 6 susunan kursi, atau akrobatik dengan kain, maupun aksi menegangkan yang juga mengundang tepuk tangan penonton.

Formosa Circus Arts

FOCA didirikan pada tahun 2011 oleh Lin Chih-Wei, ketika ia masih menjadi mahasiswa. Kelompok sirkus ini terdiri dari anak-anak muda berusia 20 tahunan yang pandai akrobatik, hip-hop, seni teater modern, wushu, dan kesenian lainnya.

Kelompok sirkus ini sudah melanglang buana hingga ke 50 negara dan 20 kota. Sukses menggelar pertunjukan lebih dari 1.000 kali, Sirkus Formosa Taiwan pernah unjuk gigi di Amerika, Prancis, Inggris, Spanyol, dan negara-negara lainnya.

Setelah Indonesia, mereka akan melanjutkan turnya ke Chennai dan New Delhi, India.

FOCA didirikan di atas dasar perpaduan dari budaya Taiwan yang dikembangkan jadi produksi kesenian dengan menyatukan antara teater, seni tradisional, akrobat, dan lebih ke modern sirkus. (Dari berbagai sumber)

*Daniel Deha

Baca Juga

Satu Juta Penduduk Dunia Terinfeksi Virus Corona

Portal Teater - Virus Corona (Covid-19) telah memukul dunia di mana lebih dari satu juta penduduk terinfeksi patogen ini. Data ini menjadi tonggak pencapaian...

Goethe-Institut Gelar Tiga Acara Budaya Daring

Portal Teater - Goethe-Institut Indonesien sepenuhnya menyadari bahwa pandemi global virus Corona (Covid-19) bakal menghentikan semua acara kebudayaan selama paruh pertama tahun ini. Untuk...

Bersiap Hadapi Risiko Terburuk

Portal Teater - Indonesia bersiap menghadapi kemungkinan terburuk menyusul makin melonjaknya jumlah penemuan kasus baru terkonfirmasi positif virus Corona. Sepanjang pekan ini, jumlah pasien masih...

Terkini

500 Juta Penduduk Dunia akan Jatuh Miskin Karena Corona

Portal Teater - Oxfam, sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang fokus pada penanggulangan bencana dan advokasi, mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa dampak dari penyebaran...

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...

Jokowi: Glenn Fredly Lebih Dari Seorang Musisi

Portal Teater - Presiden Joko Widodo menyampaikan kabar duka atas berpulangnya musisi gaek Glenn Fredly pada Rabu (8/4) malam. Glenn diketahui meninggal karena penyakit...

Pasien Terinfeksi Covid-19 di Indonesia Tembus 3.000 Orang

Portal Teater - Pemerintah Indonesia pada Rabu (8/4) siang merilis data perkembangan terbaru kasus virus Corona di tanah air. Seperti hari-hari sebelumnya, grafik temuan...

Solidaritas Tanpa Batas Pekerja Seni

Portal Teater - Industri seni adalah salah satu sektor yang ikut terpukul lantaran merebaknya virus Corona (Covid-19). Tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh...