Agustus 11, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tank dikerahkan untuk menjaga bank di China, apa yang terjadi?

Beijing

Sebuah video beredar menunjukkan beberapa tank berbaris di jalanan Cina Ini telah mengejutkan internet. Video itu juga dikatakan sebagai pengingat situasi mengerikan pada Juni 1989 ketika tangki-tangki terisi penuh Alun-Alun Tiananmen Ketika mahasiswa memprotes demokrasi.

Sebagaimana dilaporkan NDTV, Kamis (21/7/2022), mengutip laporan media lokal China, mengatakan pengguna Reddit mengatakan rekaman video itu diambil di daerah Risahoe Provinsi Shandong. Dikatakan tank itu digunakan untuk melindungi bank lokal yang terkena krisis dan memicu skandal.

Korupsi Bank Lokal China Ini pertama kali muncul di media April lalu South China Morning Post (SCMP), dalam salah satu artikelnya, pelanggan di provinsi Henan dan Anhui ditolak akses ke rekening bank mereka karena ‘peningkatan sistem’.

Laporan DNA India Mengutip media lokal China, bank lokal mengatakan tabungan nasabah di cabang mereka telah menjadi ‘barang investasi’ dan tidak dapat ditarik.

Kemudian, SCMP mengatakan dalam artikelnya bahwa beberapa bank lokal terpengaruh, seperti Bank Desa Yuzhou Xinminsheng, Bank Distrik Shangcai, Bank Komunitas Zhecheng Huanghuai dan Bank Negara Bagian Kaifeng New Oriental di Provinsi Henan dan Bank Desa Guzhen Xinhuaihe di Provinsi Anhui.

Rekaman video dari Henan menunjukkan antrean panjang tempat sampah yang menghalangi penduduk setempat memasuki bank lokal. Video tersebut memperlihatkan deretan tempat sampah yang menutupi seluruh blok tempat bank tersebut berada.

Klip video menunjukkan barisan tank berbaris untuk keamanan di bank lokal di Henan, China Foto: Screengrab dari video yang diposting di reddit.com/user/22Fingers via NDTV

Warga terlihat gugup namun terpaksa menunggu karena kehadiran kendaraan lapis baja. Pengguna Reddit membandingkan situasi Henan dengan tragedi Lapangan Tiananmen 1989, ketika ratusan tank digunakan untuk memadamkan protes pro-demokrasi.

READ  Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Tercantik Alami di Dunia, Apa Sebabnya? Halaman semua

“Sesuatu… Sesuatu… Sejarah Berulang,” tulis salah satu komentar netizen.