Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tanpa diketahui banyak orang, inilah arti segitiga kecil pada pengukur bahan bakar

Jakarta

Posisi tutup tangki mobil berbeda-beda, ada yang di kanan dan ada yang di kiri. Jika Anda ingin mengetahui letak tutup tangki saat mengisi bensin, sebenarnya Anda tidak perlu turun dari mobil karena ada petunjuk di panel pengukur bahan bakar.

Mungkin sebagian dari anda masih bingung dimana letak tangki di SPBU. Seseorang harus keluar dari mobil terlebih dahulu, bahkan jika tangki tidak terbalik.

Hal ini dikarenakan tidak semua mobil memiliki kondisi tangki yang sama. Padahal, saat tangki berada pada posisi yang salah, jika ingin mengisi bensin, Anda bisa menarik beberapa selang nozzle di SPBU ke arah tangki yang berlawanan.

Posisi tutup tangki bensin sebenarnya bisa Anda temukan di manual mobil. Namun, tidak semua pengendara membaca manual sebelum melakukan perjalanan. Apalagi jika berkendara menggunakan mobil kantor, mobil sewaan atau pinjaman.

Ingat, cara mencari posisi tangki sebenarnya cukup sederhana. Pabrikan telah membuat penanda ketinggian tangki di instrument cluster, tepatnya di bagian indikator kandungan bahan bakar.

Anda melihat gambar pada pengukur bahan bakar yang terlihat seperti dispenser pompa bensin. Sekarang ada panah atau segitiga kecil di sebelah gambar dispenser pompa bensin. Panah menunjukkan posisi pintu pengisi bahan bakar.

Pengukur bensin di mobil. Tanda segitiga ada di sebelah kiri, yang berarti tutup tangki bahan bakar ada di sebelah kiri. Foto: Getty Images/iStockPhoto/Hout

Jika tanda segitiga di sebelah kanan, berarti tangki juga di sebelah kanan. Di sisi lain, jika panah di sebelah kiri, itu berarti tangki ada di sebelah kiri.

Mengetahui status tangki ini sangat penting, apalagi jika mobil yang Anda kendarai bukan milik Anda. Anda bahkan tidak perlu khawatir keluar dari mobil untuk memeriksa posisi tangki.

READ  Alur pembuatan sim motor CI dan CII ada disini

Jika Anda sudah mengetahui posisi tutup tangki bensin, Anda juga harus tahu cara membuka tangki bensin. Mengutip laman Auto2000, ada berbagai cara untuk membuka tangki bensin. Dengan terlebih dahulu menekan kap mesin tutup bensin.

Dengan cara ini, Anda harus menekan tutup tangki bensin dan itu akan terbuka secara otomatis. Umumnya, cara membuka tangki bensin ini ditemukan pada mobil-mobil modern.

Ada juga beberapa tangki bensin yang terbuka dengan menekan sebuah tombol. Anda biasanya dapat menemukan posisi tombol di sekitar dasbor.

Cara ketiga adalah dengan menarik tuas. Tidak berbeda dengan menekan tombol, saat Anda menarik tuas, tutup tangki bensin akan terbuka secara otomatis.

Tonton videonya”Bahaya! Mobil lama diam, tangki bahan bakar tidak boleh kosong
[Gambas:Video 20detik]
(Kering / Timah)