Teater Musikal “Upin & Ipin” akan Hadir di Indonesia

Portal Teater – Setelah sukses sebagai serial animasi anak-anak di jaringan televisi dan merambah layar lebar sejak pertama kali tayang pada 2007, maskot film kartun Malaysia, “Upin & Ipin”, akan hadir di Indonesia dalam pentas teater musikal.

Sebagai negara tetangga, Indonesia terpilih menjadi negara pertama di luar Malaysia, karena telah memiliki penggemar yang luas sejak pertama kali tayang pada 2010 lalu.

Teater musikal bertajuk “Pin Pin Pom” ini akan berkeliling Indonesia dengan singgah di tiga kota, antara lain di Bandung pada 28 Mei; di Jakarta dalam rangkaian Pekan Raya Jakarta pada 30-31 Mei; dan Surabaya pada 6 Juni.

“Upin & Ipin” pertama kali diproduksi oleh Les’ Copaque dengan tujuan mendidik anak-anak agar lebih mengerti Ramadan. Kini, serial animasi episodik ini sudah memiliki tiga belas musim tayang (428 episode).

Produser “Upin & Ipin” Nur Naquyah Burhanuddin mengatakan, dengan mengusung cerita “Pin Pin Pom”, teater musikal berupaya membawa penonton masuk ke dalam perjalanan magis Upin dan Ipin melawan Nenek Kabayan dalam wujud penyihir.

Petualangan anak kembar botak itu dimulai saat mereka menyelamatkan Kampung Durian Runtuh dan mengalahkan Nenek Kabayan.

“Kami ingin anak-anak berani sebagai topik utama. Jangan takut sama nenek ada magic karena kita juga ada magic,” katanya di Jakarta Selatan, Kamis (12/3), melansir medcom.id.

“Pin Pin Pom” sendiri menjadi salah satu episode dalam serial di televisi. Dalam format teater musikal, pentas yang melibatkan 20 pemain ini hanya akan dipentaskan selama 1,5 jam.

Dalam panggung teater musikal nanti, Upin & Ipin dan kawan-kawan akan menampilkan tarian dan nyanyiannya secara live selama pentas berlangsung.

Konferensi pers "Upin & Ipin" di Jakarta Selatan, Kamis (12/3). -Dok. majalahjustforkids.com
Konferensi pers “Upin & Ipin” di Jakarta Selatan, Kamis (12/3). -Dok. majalahjustforkids.com

Raih 52  Penghargaan

Sepanjang penayangannya, Upin & Ipin telah meraih 52 penghargaan. Terakhir kali ia mendapat pernghargaan Power Brand Award 2017 (Asia Entrepreneurs Summit).

Selebihnya film kartun anak juga merebut mahkota Outstanding Malaysian Creative Content Award 2017 (MCBC Business Excellence Awards), dan Tourism Ambassador of Malaysia 2017.

Sejak diproduksi pada 2007, cerita ini menjadi paling populer di Malaysia dengan klaim 800 ribu penonton per episode. Karena itulah, animasi berbahasa Melayu ini turut diminati banyak anak di seluruh dunia.

Selain Indonesia, Upin & Ipin telah didistribusikan ke berbagai negara, antara lain: Amerika, Filipina, India, Korea Selatan, Kanda, dan Saudi Arabia. Di negara-negara berbahasa Inggris, “Upin & Ipin diproduksi dalam versi bahasa setempat.

Dikemas dalam bentuk produksi teater musikal, “Upin & Ipin” kali ini dikerjakan oleh Biz Trends Media Pte Ltd asal Singapura yang mendapat lisensi di Indonesia.

Produksi ini dilakukan dalam kerjasama dengan BookMyShow sebagai mitra tiket, dan Jakarta Fair Kemayoran 2020.

Tiket pertunjukan dibandrol mulai Rp350 ribu dan dapat dibeli mulai 13 Maret 2020 di website id.bookmyshow.com atau aplikasi BookMyShow.*

Baca Juga

ITI Ajak Insan Teater Berbagi Karya Lewat Media Daring

Portal Teater - Virus corona (Covid-19) merebak seantero dunia. Ratusan negara telah terpapar virus yang datang bagai ledakan asteroid ini. Sementara ratusan ribu umat...

Tujuh Program Studiohanafi Ditunda Karena Corona

Portal Teater - Meluasnya penyebaran virus corona, di mana saat ini tercatat sudah 27 provinsi di Indonesia terpapar dan mungkin akan menghantam seluruh penduduk,...

Linimasa Kasus Corona Indonesia Selama Maret 2020

Portal Teater - Sebulan penuh Indonesia telah bergumul dengan ancaman virus Corona (Covid-19). Sejak pertama teridentifikasi melalui dua pasien Corona di Depok, Jawa Barat,...

Terkini

Linimasa Kasus Corona Indonesia Selama Maret 2020

Portal Teater - Sebulan penuh Indonesia telah bergumul dengan ancaman virus Corona (Covid-19). Sejak pertama teridentifikasi melalui dua pasien Corona di Depok, Jawa Barat,...

Industri Seni Indonesia Menderita

Portal Teater - Di tengah pandemi global virus Corona (Covid-19), industri seni Indonesia ikut menderita. Jika beberapa negara terpapar corona sudah menggelontorkan dana untuk menopang...

Kemendikbud Fasilitasi Pertunjukan dan Kelas Seni Daring

Portal Teater - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggagas penyajian aneka pertunjukan dan kelas seni dengan memanfaatkan media daring atau online. Hal itu bertujuan...

ATAP Manfaatkan Media Daring Gelar Parade Monolog

Portal Teater - Kreativitas senantiasa mengalir tanpa muara. Kalaupun ada, maka itu adalah awal bagi gagasan baru untuk terus berproses kreatif. Dalam situasi krisis...

Presiden Jokowi Tetapkan Pembatasan Skala Besar

Portal Teater - Setelah melewati pelbagai pertimbangan, Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi menetapkan pembatasan sosial berskala besar untuk menekan laju penyebaran dan pertumbuhan...