Teater Trisakti Pentaskan “Tiga Saudari” Karya Anton Chekhov

Portal Teater – Teater Trisakti (TETRIS) Sekolah Tinggi Pariwisata Jakarta mementaskan sebuah pertunjukan teater yang bertajuk “Tiga Saudari” di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki Jakarta, pada Sabtu (22/6) malam.

Kelompok teater yang beranggotakan mahasiswa dan mahasiswi ini mengadopsi naskah “Tiga Saudari” yang ditulis oleh Anton Chekhov, penulis dari Rusia.

Anton Chekhov sendiri merupakan penulis ternama berasal dari Rusia, di mana naskah-naskah cerpen dan dramanya sering diadopsi oleh komunitas seni pertunjukan untuk dipentaskan.

Dalam pertunjukan ke-23 kali ini, TETRIS mengangkat cerita tentang kehidupan tiga saudari bersama saudara tertua mereka di salah satu kota kecil di Rusia.

Disutradarai oleh Ciptoning Hestomo dan Septian Nurcahyo, “Tiga Saudari” berhasil dipentaskan dengan apik di panggung Teater Kecil sebanyak dua kali dalam sehari.

Menampilkan Teater yang Realis

Ketua Teater Trisakti Arin, mengungkapkan, Teater Trisakti mencoba memainkan naskah yang realis. Dan “Tiga Saudari” adalah naskah realis yang dipilih untuk dimainkan di panggung teater TIM.

“Kami dari TETRIS (Teater Trisakti) ingin mencoba memainkan naskah realis. Kami juga ingin membuktikan bahwa pementasan teater realis juga bisa menyenangkan,” ungkap Arin.

Tiga saudari yang diperankan oleh Viranda Berliaana (Olga Sergeyevna Prozorov), Zhalzabillah S. (Maria Sergeyevna Prozorov), Ignatia Celine (Irina Sergeyevna Prozorov) menampilkan kehidupan riil dalam lingkaran keluarga militer di Rusia.

Awalnya, kehidupan ketiga saudari itu dibayangi oleh nostalgia kebahagiaan, di mana ayah mereka yang merupakan seorang militer yang terpandang masih hidup dan itu membuat kehidupan mereka sebelumnya di kota Moskow, menjadi satu-satunya yang dirindukan.

Berlatar belakang keluarga militer yang cukup terhormat dan terpandang, “Tiga Saudari” menampilkan dinamika kehidupan dalam keluarga dan relasi sosial yang kerap kali terjadi dalam kehidupan manusia.

Arin juga menyampaikan agar pesan dan harapan yang disampaikan oleh “Tiga Saudari” ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan mereka secara nyata. Karena, kapan dan di manapun kita berada, persoalan atau konflik selalu menjadi bagian inheren dari kehidupan manusia itu sendiri.

“Melalui pementasan ini, kami ingin menunjukan kepada penonton bahwa kita tetap harus menjalani kehidupan walaupun banyak masalah dan derita yang datang,” ungkapnya.

*Rere Marselina

Baca Juga

Di Antara Metode Penciptaan dan Praktik Kerja Berbasis Riset

Portal Teater - Pada 17-18 Januari 2020, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya (STKW) menggelar Ujian Komposisi Koreografi dan Kreativitas Tari Jenjang 3 Jurusan Seni...

Buka Lembaran 2020, Kineforum DKJ Putar Lima Film Keluarga

Portal Teater - Kineforum, salah satu sayap program Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) membuka lembaran tahun ini dengan mempersembahkan "FAMILIAL", sebuah program untuk...

Kadisbud Iwan Henry: Teater Jadi Medium Literasi Anak

Portal Teater - Teater Lorong Yunior sukses mementaskan dua kali lakon "Sang Juara" karya dan sutradara Djaelani Mannock di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu (19/1)....

Terkini

Buka Lembaran 2020, Kineforum DKJ Putar Lima Film Keluarga

Portal Teater - Kineforum, salah satu sayap program Komite Film Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) membuka lembaran tahun ini dengan mempersembahkan "FAMILIAL", sebuah program untuk...

ORArT ORET Semarang Gandeng SCMC Gelar Konser Edisi Ke-2 “Barokan Maneh”

Portal Teater - Komunitas ORArT ORET Semarang kembali menjalin kerjasama denganĀ  Semarang Classical Music Community (SCMC), menggelar konser musik klasik pada Jumat (24/1) di...

Tolak Komersialisasi TIM, Para Seniman Gelar Diskusi “Genosida Kebudayaan”

Portal Teater - Menolak komersialisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta, sejumlah seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Peduli TIM menggelar diskusi publik di Pusat Dokumentasi...

Pemerintah Alokasikan Rp1 Triliun Dana Perwalian Kebudayaan 2020

Portal Teater - Pemerintah mengalokasikan Dana Perwalian Kebudayaan bagi pegiat seni budaya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 sebesar Rp1 triliun. Alokasi...

Tur Keliling ASEAN, Kreuser/Cailleau Singgah di Jakarta dan Surakarta

Portal Teater - Selama bulan Januari dan Februari 2020, komponis Jerman Timo Kreuser dan pembuat film Prancis Guillaume Cailleau melakukan tur keliling Asia Tenggara...