Juli 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan sesuatu yang 'aneh' di alam semesta

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah merilis foto ‘galaksi tersembunyi’ di belakang Bima Sakti

Galaksi Caldwell 5 tertutup debu gelap sehingga tersembunyi.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Teleskop Hubble menunjukkan foto yang menakjubkan Galaksi IC 342 Atau lebih dikenal dengan Caldwell 5. Menurut Badan Antariksa AS (NASA), para ilmuwan mengalami kesulitan melacak galaksi karena terlihat seperti galaksi “tersembunyi”.

“Galaksi muncul di dekat khatulistiwa Bima Sakti, yang dipenuhi dengan gas kosmik padat, debu gelap, dan bintang bercahaya yang mengaburkan pandangan kita,” tulis NASA.

Karena Hubble memiliki kemampuan inframerah, itu dapat dilihat sampai batas tertentu. Debu menyebarkan cahaya inframerah rendah, yang memungkinkan tampilan galaksi yang lebih tajam di luar galaksi.

“Pemandangan pusat galaksi galaksi ini mengandung tren debu yang terjalin di tangan yang luar biasa, mengorbit gas dan bintang yang luar biasa,” tulis NASA.

“Pusat ini adalah tipe spesifik dari area yang disebut inti H II – bagian dari atom hidrogen yang terionisasi. Area seperti itu adalah asal mula bintang energik yang dapat membentuk ribuan bintang selama jutaan tahun.”

Menurut NASA, bintang biru mengionisasi atau mengeksitasi hidrogen di sekitar sumbernya dengan memancarkan sinar ultraviolet. Jika tidak ada begitu banyak debu di sepanjang jalan, galaksi akan menjadi salah satu yang paling terang di langit kita.

Dalam istilah galaksi, IC 342 berjarak 11 juta tahun cahaya dari Bumi. Hubble telah memfilmkan galaksi ini dari luar angkasa selama satu generasi sebelumnya. Foto-foto Galaxy IC 342 dapat ditemukan pada tahun 2017 dan 2010.

READ  Terungkap, ngarai Xero menjadi danau Mars kuno