September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

TESS menemukan planet yang tertutup air

Teleskop NASA menangkap bukti karbon dioksida di planet asing

Sabtu, 27 Agustus 2022 – 18:53 WIB

Teknologi Langsung – Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) menemukan bukti pertama karbon dioksida di atmosfer sebuah planet ekstrasurya yang mengorbit bintang 700 tahun cahaya di luar Tata Surya. NASA Diumumkan dalam siaran persnya yang dikutip pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

“Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap bukti jelas pertama karbon dioksida di atmosfer planet ekstrasurya,” kata rilis itu.

“Pengamatan planet gas raksasa yang mengorbit bintang mirip Matahari 700 tahun cahaya jauhnya memberikan wawasan penting tentang komposisi dan pembentukan planet.”

Temuan tersebut, yang telah diterima untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature, memberikan bukti bahwa JWST juga dapat mendeteksi dan mengukur kadar karbon dioksida di atmosfer tipis planet kecil berbatu seperti Bumi, kata publikasi tersebut.

TESS menemukan planet yang tertutup air

WASP-39 b adalah raksasa gas panas dengan massa Jupiter (hampir sama dengan Saturnus) dan diameter 1,3 kali Jupiter. “Pembengkakannya yang ekstrem terkait dengan suhu tubuhnya yang tinggi (sekitar 1.600 derajat Fahrenheit atau 900 derajat Celcius),” tambah rilis tersebut.

WASP-39 b mengorbit sangat dekat dengan bintangnya dan hanya seperdelapan jarak antara Matahari dan Merkurius, menyelesaikan orbit hanya dalam empat hari Bumi.

READ  Cari Peradaban Alien, ilmuwan memindai 60 juta bintang