Temuan Kasus Baru Melonjak Drastis

Portal Teater – Temuan kasus baru pasien terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di Indonesia melonjak drastis pada Kamis (9/4). Otoritas melaporkan, ada 337 kasus baru yang diidentifikasi selama 24 jam terakhir, atau sejak pengumuman sehari sebelumnya.

Sejak awal pekan ini, memang jumlah kasus baru naik cukup signifikan ke rata-rata 200-an kasus baru per hari. Ini lebih tinggi dari temuan sebelumnya yang masih berkisar di angka lebih dari 150 kasus, atau masih kurang dari angka 200.

Namun, tepat pada momentum 100 hari sejak virus ini pertama kali diidentifikasi di China, jumlah kasus baru justru melompat ke angka lebih dari 300 per hari.

Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring dengan adanya rapid test dan PCR yang sudah mulai dilakukan di berbagai daerah, sejak alat-alat itu mulai didistribusikan ke pelosok-pelosok di seluruh tanah air.

Sehari sebelumnya, pemerintah melaporkan adanya 2.956 pasien positif Corona. Sebanyak 240 orang meninggal dunia dan 222 lainnya sembuh.

Dengan penambahan ini, maka jumlahnya meloncat menjadi 3.293 kasus, tersebar di 33 provinsi, kecuali Gorontalo. Dari jumlah itu, 280 orang meninggal dunia dan 252 pasien dinyatakan sembuh. Provinsi DKI Jakarta menjadi yang tertinggi dengan 1.706 kasus.

“Jumlah menjadi 3.293 kasus,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, di Graha BNPB Jakarta, Kamis (9/4).

Dengan jumlah terbaru ini, Indonesia kini berada di posisi ke-37 negara-negara terkonfirmasi Corona, dari total 209 negara di dunia.

Indonesia berada di bawah dua negara tetangga, yaitu Malaysia dengan 4.228 kasus (posisi ke-34) dan Filipina dengan 4.076 kasus (posisi ke-35).

Trayektori perkembangan infeksi virus corona di negara-negara di dunia. Update terakhir pada 8 April 2020. -Dok. European CDC.
Trayektori perkembangan infeksi virus corona di negara-negara di dunia. Update terakhir pada 8 April 2020. -Dok. European CDC.

Angka Tertinggi

Tirto dalam laporannya menulis bahwa lonjakan kasus baru pada Kamis merupakan yang tertinggi sejak kasus pertama diumumkan pemerintah pada awal Maret lalu.

Selama pekan ini, tren peningkatan jumlah kasus cukup signifikan. Tiga hari sebelumnya, lonjakan jumlah pasien baru di Indonesia selalu melampaui angka 200. Angka ini setara 83,84 persen dari total kasus.

Sementara jumlah kematian dan kesembuhan belum seimbang. Angka kematian masih lebih tinggi daripada pasien yang sembuh, meski jumlah kesembuhan bertambah.

Dengan ini maka persentase Case Fatality Rate (CFR) atau rasio kematian akibat virus corona di Indonesia berada di level 8,5 persen.

Secara global, jumlah kasus Corona sudah mencapai 1,6 juta kasus, data Worldometers melaporkan pada Jumat (10/4) pagi. Dari jumlah itu, ada 95,732 kematian dan 356.656 yang dinyatakan sembuh.

Amerika Serikat menjadi negara yang paling menderita dengan 468.887 kasus, 321 diantaranya merupakan kasus baru, 16.697 kematian dan 25.928 sembuh.

Di bawah AS ada Spanyol dengan 153.222 kasus, lalu Italia dengan 143.626 kasus, Jerman, 118.235 kasus, dan Prancis 117.749 kasus.

Sementara China yang kini menderita 81.907 kasus kembali menunjukkan gejala peningkatan setelah sebelumnya hanya ditemukan kasus baru di kisaran 30-an. Saat ini, negara itu menemukan 42 kasus baru.*

Baca Juga

Teater di Ruang Digital

Portal Teater - Bencana bukan alam sedang menghinggapi sebagian besar negara di dunia dan Indonesia termasuk kebagian. Wabah yang disebut Covid-19 sedang bergentayangan dan belum...

Teater pada Panggung Digital

Portal Teater - Beberapa hari lalu saya berkesempatan menyaksikan Jemuran Orang, penampilan kelompok Artery Performa di kanal Youtube milik Direktorat Jenderal Kebudayaan, Budaya Saya. Artery...

Jatim Jadi Episentrum Baru Corona Indonesia

Portal Teater - Provinsi Jawa Timur kini menjadi episentrum baru virus corona di Indonesia. Berbulan-bulan sebelumnya, DKI Jakarta memimpin Indonesia dalam tingkat infeksi Covid-19. Namun,...

Terkini

Silang-Sengkarut “New Normal”

Portal Teater - Sejak beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah mendengungkan wacana pemberlakukan "new normal", atau yang menurut ahli Bahasa Indonesia sebut sebagai...

“Dini Ditu” Teater Kalangan: Menjahit Publik di Ruang Digital

Portal Teater - Kehadiran pandemi virus corona barangkali tak pernah dipikirkan atau diramalkan, meski ada teori konspirasi yang menyeruak belakangan bahwa Bill Gates telah...

Teater di Ruang Digital

Portal Teater - Bencana bukan alam sedang menghinggapi sebagian besar negara di dunia dan Indonesia termasuk kebagian. Wabah yang disebut Covid-19 sedang bergentayangan dan belum...

Rencana Reaktivasi Pembelajaran Ditolak

Portal Teater - Dunia pendidikan menjadi salah sektor yang ikut terpukul oleh pandemi virus corona. Di Indonesia, seluruh kegiatan pembelajaran dihentikan dan dilakukan secara...

Update Corona 29 Mei: Kasus Baru Turun Tipis, Total 25.216 Positif

Portal Teater - Kasus baru virus corona turun tipis pada Jumat (29/5) sebanyak 678 kasus dari sebelumnya 687 kasus. Dengan demikian, menurut juru bicara Achmad...