Desember 5, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Terpaksa Terisolasi, Nasib Elgan Bagot di Piala AFF 2020 Sama dengan Timnas Indonesia di Inggris 2021: Okason Pola

Singapura – Pemain tim nasional indonesia, Elgan Pagot, Sempat mengalami kejadian naas saat berlaga di Piala AFF 2020. Dia menjalani isolasi kesehatan selama lima hari oleh Kementerian Kesehatan Singapura. Gugatan yang dilayangkan Elgan Bagot itu langsung mengingatkan kembali kejadian yang menimpa tim bulu tangkis Indonesia saat All England berlaga pada 2021.

Kementerian Kesehatan Singapura telah meminta pemerintah untuk mengisolasi Elcon Bagot setelah ditemukan berada di pesawat yang sama dengan seorang pria yang menderita penyakit Pemerintah-19. Itu terjadi dalam perjalanan dari London ke Singapura di Inggris.

Menurut Younus Nusi, Sekretaris Jenderal BSSI, Pemerintah Singapura telah meminta agar semua warga negara atau wisatawan yang berkunjung ke negaranya harus diisolasi kesehatannya saat berbagi penerbangan dengan seseorang yang mengidap Govt-19. Karena itu, Elgan Pagot tidak akan bisa membela timnas Indonesia di masa depan.

Baca selengkapnya: Netizen mempertanyakan apakah Safavi Rasyid bisa bermain tanpa kehadiran Elgan Pagot di laga timnas Indonesia vs Vietnam akibat isolasi paksa

Situasi tersebut langsung menarik perhatian dan mengejutkan publik karena Elgan Bagot berada di Singapura selama beberapa hari. Bek Ipswich Town Club bertanding dengan timnas Indonesia melawan Laos pada Minggu 13 Desember 2021.

Baca selengkapnya: Elgan Bagot Terpaksa Diisolasi, Pelatih Timnas Indonesia Malaysia Berharap Kalahkan Vietnam

Kini, seiring aturan pemerintah Singapura yang diisolasi, Elcon Bagot pun tak akan mampu membela timnas Indonesia di laga melawan Vietnam. Laga tersebut akan berlangsung hari ini, Rabu (15/12/2021).

Kejadian yang dialami Elgan Bagot mengingatkan masyarakat Indonesia akan peristiwa serupa yang dilakukan para pebulu tangkis Indonesia saat All England berlaga pada 2021. Saat itu, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan yang lainnya terpaksa mundur dari turnamen. Sebuah pesawat dengan penumpang yang menderita penyakit Pemerintah-19.

READ  Tautkan Live Streaming Trans 7 MotoGP Doha 2021

Menurut peraturan Badan Kesehatan Inggris (NHS), pemain Indonesia pada akhirnya harus menjalani isolasi 10 hari. Tiba-tiba keputusan ini datang sebagai kekecewaan besar bagi para pemain bulu tangkis Indonesia dan masyarakat Indonesia.

Mohammad Ahsan / Hendra Chettiavan

Pasalnya, ketika para pemain Indonesia tiba di Inggris, mereka melakukan serangkaian prosedur yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Hendra Chettiavan dan lainnya menjalani serangkaian tes PCR dan hasilnya negatif.

Alhasil, beberapa pemain malah berlaga di putaran pertama Inggris 2021. Namun karena kabar tersebut, para pemain tersebut akhirnya diusir dan diisolasi.

Kini, Elcon Bagot harus mengalami kasus serupa. Padahal, kehadiran pemain natural di skuad Garuda menghadapi rival tangguh Vietnam di Piala AFF 2020 sangat dinanti.