September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tidak Ada Tuas Transmisi P Pada Suzuki S-Presso AGS, Bagaimana Cara Menghentikannya?

Jakarta

Bagi yang pertama kali melihat interior varian Suzuki S-Presso AGS, mata akan tertuju pada tuas transmisi. Meski mirip dengan tuas transmisi mobil matik, tuas S-Presso tidak memiliki huruf ‘B’. Tuas persneling memiliki ‘R’ untuk mundur, ‘N’ untuk netral, ‘M’ untuk model manual, ‘D’ untuk penggerak, +, dan -. Lalu bagaimana cara menghentikan mobil tanpa ‘P’?

Sebenarnya parkir tidak serumit kelihatannya. Seperti halnya mobil manual, posisikan tuas transmisi pada posisi netral dan tarik rem tangan. Kemudian mobil akan dikunci. Yang terpenting, jangan lupa untuk menarik rem tangan jika Anda memarkir mobil di jalan yang menurun.

Padahal, tuas transmisi dengan sistem AGS bukanlah hal baru di bodi Suzuki. Suzuki diketahui menyematkan transmisi serupa pada Karimun Wagon R dan Ignis.

Teknologi AGS pertama kali diperkenalkan di India pada tahun 2014 oleh Maruti Suzuki. Teknologi ini memungkinkan kontrol perpindahan gigi dan kopling dilakukan secara elektronik tanpa campur tangan pengemudi.

Suzuki S-Presso mejeng di GIIAS 2022 (Foto: Doni Wahyudi/detikoto)

Transmisi AGS memiliki fitur aktuator kontrol pergeseran cerdas yang dioperasikan oleh pengontrol elektronik transmisi. AGS ini bekerja dengan mengintegrasikan aktuator hidrolik presisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Module (TCM).

Transmisi ini dapat memberikan perpindahan gigi dengan waktu yang optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara layaknya transmisi otomatis dan lebih hemat bahan bakar layaknya transmisi manual.

Pada S-Presso, transmisi AGS dikawinkan dengan mesin K-Series K10B DOHC 1 liter tiga silinder. S-Presso baru dapat menghasilkan tenaga 50 kW pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis AGS dan manual 5-percepatan.

READ  Bukan lagi mobil super, polisi Dubai sudah menggunakan SUV mewah ini

Tonton videonya”Kesan Pertama Suzuki S-Presso dan Baleno: Mobil Kota Terkenal dari Bollywood!
[Gambas:Video 20detik]
(Kering / Timah)