Januari 30, 2023

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Minta Pembicaraan Pelatih Vietnam Gelar TC di Jerman: Okezone Bola

Timnas Indonesia U-16 Setelah adaptasi berakhir sebagai raja di Asia Tenggara Piala AFF U-16 2022. Yakin setelah menang 1-0 atas timnas Vietnam U-16 di final.

Kemenangan itu sangat berharga bagi timnas U-16 Indonesia. Pasalnya, hal ini menjadi bukti bahwa kualitas Timnas Indonesia U-16 tidak boleh dianggap remeh.



Dan, jauh sebelum putaran final Piala AFF U-16 2022, pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan pernah menjadi Bima Sakti. Ya, kata dia, Vietnam menggelar Training Camp (TC) di Jerman untuk menghadapi Piala AFF U-16 2022.

Meski begitu, Bima Sakti menanggapinya dengan sopan. Bahkan, ia dan timnya membuktikannya dengan meraih trofi Piala AFF U-16 2022.

“Saya mengobrol dengan pelatih dan dia mengatakan mereka pergi ke Jerman dan kemudian saya berkata ‘Saya di UNY,'” kata Bhima Sakthi pada konferensi pers pasca-pertandingan.

Ya, Bintang Emas – panggilan akrab Vietnam – menggelar kamp pelatihan di negara Panzer beberapa waktu lalu. Bahkan, mereka melakukan eksperimen untuk menguji kekuatan Borussia Dortmund U-16.

Sedangkan Garuda Asia mempersiapkan diri hanya dengan pelatihan di UNY. Mereka hanya melakoni satu laga uji coba melawan beberapa tim lokal seperti Porbrov DIY U-20 dan Porda Sleman U-20. Bahkan, mereka kalah 0-2 dari Borbrow DIY U-20.

Nguyen Quang Tuan

(Nguyen Quoc Tuan, Pelatih Timnas Vietnam U-16)

Namun, hasilnya sekarang sudah jelas. Sebuah kamp pelatihan di Jerman tidak melakukan apa pun untuk Vietnam, membuat mereka gigit jari di final.

Bima Sakti menanggapi kesombongan Nguyen Quoc Tuan dengan prestasi yang lebih spektakuler. Ia membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguoharjo, Slayman, Yogyakarta dengan gol menit 45+1 dari Muhammad Kafiyur Riski.

READ  Takut Kehilangan nyawa di MotoGP Belanda 2021, Mark Marquez Marah pada Repsol Honda: Okason Sportsson

juga, Timnas Indonesia U-16 Memenangkan Bintang Emas dua kali dalam acara ini. Sebelumnya, pada laga terakhir Grup A, Nguyen Cong Phuong dkk dipermalukan Garuda Asia dengan skor tipis 1-2.

Menurut ahli taktik berusia 46 tahun itu, yang terpenting adalah kerja keras dan berjuang di lapangan, bukan masalah tampil bagus di pemusatan latihan. Di sisi lain, Nguyen Quoc Tuan mempermalukan dirinya sendiri di final.

Dia memprotes keras dan diganjar kartu merah oleh wasit. Bahkan, dalam pertandingan penyisihan grup melawan tim tuan rumah, dia diberi kartu kuning oleh wasit karena alasan yang sama.