Desember 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tips cermat memilih oli agar mesin mobil bekerja maksimal dan tahan lama

JakartaOli merupakan zat penting bagi mesin mobil. Menggunakan oli yang berkualitas baik dan sesuai standar pabrik, mesin kendaraan akan bekerja maksimal dan berumur panjang.

Pemilik mobil harus memastikan bahwa oli mesin yang digunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Menggunakan oli selain yang direkomendasikan—meskipun berkualitas tinggi—dapat merusak komponen mesin.

Anda yang pernah service kendaraan atau ganti oli mobil pasti pernah melihat botol oli dengan berbagai kode dan angka di cover luarnya. Kode SAE dan API tersedia. Agar tidak salah dalam memilih, yuk pelajari arti simbol huruf dan angka pada produk oli mesin.

Arti kode SAE

SAE adalah asosiasi yang mengatur standardisasi di berbagai bidang seperti desain teknik dan manufaktur. Setiap kemasan oli diberi label dengan kode alfanumerik, misalnya SAE 10W-30, 10W-40 atau 20W-40, 20W-50.

Angka di belakang kode SAE menunjukkan viskositas oli. Semakin kecil angkanya, semakin encer olinya. Angka depan adalah viskositas oli pada suhu dingin. Kemudian angka setelah huruf W atau angka terakhir adalah kekentalan oli saat mesin berada pada temperatur tinggi.

Nah, huruf W di belakang nomor itu berarti musim dingin. Formulasi oli cocok untuk musim dingin dan musim panas agar oli tidak mengeras saat suhu mobil dingin.

Asumsi bahwa kinerjanya lebih baik untuk mesin oli ramping tidak sepenuhnya benar. Pemilihan tingkat kekentalan oli tetap harus mengacu pada rekomendasi, karena pabrikan memberikan rekomendasi oli yang paling sesuai dengan konstruksi dan karakteristik mesin. Memilih oli yang lebih tipis atau lebih kental dari rekomendasi pabrikan dapat membuat fungsi pelumasan kurang optimal.

kode API

Kode oli yang bertuliskan API adalah singkatan dari American Petroleum Institute, sebuah kode standar yang menentukan kualitas oli. Paket oli akan menampilkan kode API di bagian belakang dengan 2 huruf tambahan seperti API SN atau API CH.

READ  Nissan Livina Zero Delivery selama 5 bulan

Huruf pertama bertujuan untuk menentukan jenis mesin kendaraan. Jika menggunakan bensin dilambangkan dengan huruf S, mesin diesel menggunakan huruf C.

Huruf kedua menunjukkan grade oli terbaru. Misalnya, ada kode API SG dan API SN. API SN merupakan oli jenis baru dan umumnya memiliki kualitas yang lebih baik dari API SG.

Perbedaan minyak berdasarkan formulasi

Ada banyak jenis minyak berdasarkan komposisi bahan dasarnya. Minyak mineral berkualitas sangat rendah. Minyak jenis ini memiliki ketahanan yang relatif rendah terhadap panas dan oksidasi.

Jenis lainnya adalah oli semi sintetik, yang memiliki keunggulan oli mineral dan oli sintetik. Perbedaan antara pelumas sintetik dan pelumas mineral adalah pada base oilnya. Pelumas mineral menggunakan mineral base oil, yang diolah dari minyak mentah (crude oil) di kilang pengolahan minyak.

Sedangkan pelumas sintetik menggunakan base oil sintetik yang berasal dari proses sintesis produk yang menghasilkan bahan dasar pelumas dengan keunggulan tertentu dibandingkan dengan base oil. Misalnya base oil sintetis jenis PAO atau ester.

Pada tingkat tertinggi, ada minyak sintetis sepenuhnya yang telah terbukti sangat tahan terhadap panas dan oksidasi. Karena lebih licin, oli sintetis memiliki sifat anti-gesekan yang lebih baik daripada oli mineral. Selain membuat mesin lebih responsif dan bensin lebih tahan lama, oli ini juga membantu memperpanjang umur mesin mobil.

Keuntungan lain dari minyak sintetis sepenuhnya adalah umur panjang. Umumnya oli full sintetik dapat digunakan hingga 10.000 kilometer. Dengan begitu, pemilik mobil tidak perlu sering-sering mengganti oli mobil.

Ekstensi Helix Shell 0W-40 Salah satu pilihan oli sintetik yang sempurna untuk melindungi mesin mobil berbahan bakar bensin dan diesel. Pelumas terbuat dari 99,5% gas alam, diformulasikan khusus untuk meningkatkan performa mesin mobil.

READ  Dianugerahi Best Compact Hatchback Critodo 2021, yang menguntungkan Honda Prius
Foto: Dok. Kerang

Pelumas mesin mobil terbaru Shell ini juga diklaim netral karbon. karena, Emisi setara karbon dioksida (CO2e) dari siklus hidup produk ini telah diimbangi dengan kredit karbon berbasis alam yang diverifikasi..

Ekstensi Helix Shell 0W-40 pas Teknologi Pureplus Hal ini dapat meningkatkan efisiensi mesin di setiap langkah kendaraan. tidak tersisa, Teknologi pembersihan aktif Jaga kebersihan mesin agar mesin bekerja dengan efisien meski dalam kondisi jalan yang kasar. Dengan teknologi Teknologi penyegaran diri, Ekstensi Helix Shell 0W-40 Mobil ini mampu memperbaharui oli untuk meningkatkan performa mesin.

kecuali itu, Ekstensi Helix Shell 0W-40 Dirancang untuk memiliki volatilitas rendah, ini membuat minyak tidak mudah menguap dan ekonomis untuk digunakan. Berdasarkan tes Dinamit 2.0 Uji lapanganShell Helix 0W-40 memberikan perlindungan mesin yang sangat baik untuk penggunaan hingga 20.000 kilometer.

(iklan/iklan)