Desember 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Topi ‘anti menyontek’ yang dibuat oleh siswa Filipina saat ujian sedang viral

Manila

Serangkaian foto siswa yang mengenakan “topi anti menyontek” selama ujian perguruan tinggi di Filipina menjadi viral di kalangan pengguna media sosial.

Mahasiswa di sebuah universitas di Kota Legazpi diminta memakai masker untuk mencegah mereka mengintip kertas teman sekelas mereka.

Banyak yang kemudian datang ke kelas dengan topi buatan sendiri yang terbuat dari karton, karton telur, dan bahan daur ulang lainnya.

Guru mereka mengatakan kepada BBC bahwa dia mencari “cara yang menyenangkan” untuk memastikan “integritas dan keadilan” di kelasnya.

Mary Joy Mandane-Ortiz, seorang profesor teknik mesin di Fakultas Teknik Universitas Bicol, mengatakan ide itu “sangat efektif.”

Baca selengkapnya:

Pada minggu ketiga Oktober lalu, ratusan mahasiswa disarankan untuk membawa topi anti mencontek saat ujian tengah semester.

Profesor Mandane-Ortiz mengatakan permintaan awalnya adalah agar siswa membuat desain “sederhana” dari kertas.

Ia terinspirasi dari metode yang digunakan di Thailand beberapa tahun lalu.

Sebuah foto menjadi viral di Thailand pada 2013. Foto tersebut menunjukkan para siswa di Bangkok mengenakan “anting-anting” – seprai yang menempel di kedua sisi kepala mereka – saat mengikuti ujian.

Mary Joy Montaigne-Ortiz

Profesor Mandane-Ortiz mengatakan bahwa murid-muridnya segera melakukannya. Beberapa mahasiswa membuat helm “hanya dalam lima menit” dari sampah yang mereka miliki.

Yang lain memakai topi, helm, atau topeng Halloween untuk mematuhi instruksi.

Serangkaian foto yang diposting di Facebook oleh profesor menunjukkan siswa mengenakan kreasi rumit mereka. Postingan itu disukai oleh ribuan pengguna media sosial dalam beberapa hari dan diliput oleh media Filipina.

Yang lain memakai topi, helm, atau topeng Halloween untuk mematuhi instruksi.

Mary Joy Montaigne-Ortiz

Hal ini menginspirasi pengelola sekolah dan universitas lain di Filipina untuk menginstruksikan siswanya membuat tutup kepala anti-cheat.

READ  6 Kota Paling Kesepian di Dunia Di Mana Hanya Satu Orang Tinggal

Profesor Mandane-Ortiz mengatakan prestasi siswanya lebih baik tahun ini karena kondisi ujian yang berat mendorong mereka untuk belajar ekstra keras.

Profesor Mandane-Ortiz mengatakan banyak dari mereka telah menyelesaikan ujian mereka lebih awal, dan tidak ada yang ketahuan menyontek tahun ini.

Serangkaian foto yang diposting di Facebook oleh profesor menunjukkan siswa mengenakan kreasi rumit mereka.

Mary Joy Montaigne-Ortiz

Baca juga ‘Mahasiswa Pali Kembangkan PLTMH untuk Listrik PJU’:

[Gambas:Video 20detik]

(NVC/NVC)