Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

TRANSMISI SEPEDA MOTOR YAMAHA BARU Tuas kopling pemindah gigi tidak ditekan

TRANSMISI SEPEDA MOTOR YAMAHA BARU Tuas kopling pemindah gigi tidak ditekan


Jakarta, CNN Indonesia

yamaha Yamaha telah mengumumkan sistem transmisi otomatis baru yang disebut Automated Manual Transmision (Y-AMT), yang memungkinkan perpindahan gigi lebih cepat tanpa memerlukan tuas kopling manual seperti yang biasa terjadi pada sepeda motor. Cara perpindahan gigi di Y-AMT diubah hanya dengan menekan sebuah tombol.

Yamaha mengklaim proses perpindahan gigi pada Y-AMT cepat dan tepat Pengubah cepat Baru kali ini.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Berdasarkan penjelasannya yamahaY-AMT memiliki dua mode yang dapat dipilih, yaitu manual (MT) dengan perpindahan gigi yang dikendalikan jari dan otomatis (AT).

Y-AMT dikatakan memungkinkan pengendara untuk fokus sepenuhnya dalam menikmati performa motorsport, karena perpindahan gigi bersifat linier, mulus dan mulus.

Pengguna dapat menikmati pergantian gigi yang cepat dan akurat dalam genggaman tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling manual. Perpindahan gigi dikendalikan oleh jari telunjuk dan ibu jari melalui dua tuas pemindah gigi, tuas plus untuk perpindahan gigi ke atas dan tuas minus untuk perpindahan gigi ke bawah.

Yamaha juga menjelaskan bahwa ada opsi yang lebih praktis lagi, yaitu Anda bisa menarik tuas plus untuk memindahkan gigi ke atas dan menurunkan gigi dengan jari telunjuk. Cara ini membuat pengendara tidak perlu melepaskan ibu jarinya dari stang, sehingga bisa menggenggam stang lebih kuat pada kecepatan tinggi.

Dalam mode AT, pengendara dapat memilih di antara dua program yang tersedia yang dapat dialihkan kapan saja dengan tombol MODE.

READ  Sejarah mesin diesel Mitsubishi Pajero Sport & Triton berawal dari mobil ini.

D+ MODE menawarkan perpindahan gigi yang sporty pada kecepatan mesin yang lebih tinggi.

Sepeda motor.com Ia menjelaskan, Y-AMT bukanlah upaya pertama Yamaha dalam menciptakan sistem perpindahan gigi otomatis. FJR1300 memperkenalkan sistem Yamaha Chip Controlled Shift (YCC-S), yang menggunakan hidrolik untuk menggerakkan kopling.

Sedangkan Y-AMT menggunakan dua aktuator elektrik, satu untuk mengontrol kopling dan satu lagi untuk memindahkan posisi gigi.

Yamaha mengklaim komponen fisik Y-AMT berbobot 2,8 kg dan bisa dipasang di sepeda motor tanpa menambah lebar mesin. Kopling dan girboks yang digunakan sama dengan versi transmisi manual biasa.


Transmisi Manual Otomatis Yamaha (Y-AMT). (Yamaha)

Sejauh ini banyak produsen telah memperkenalkan sistem serupa, namun memilih pendekatan yang berbeda. Misalnya saja dua merek Eropa, BMW R 1300 GS dan GS Adventure yang pertama kali diperkenalkan pada sepeda motor adventure, serta prototipe produksi KTM yang diyakini akan digunakan pada Super Adventure 1390.

Yamaha mengambil pendekatan serupa dengan Honda, yang memperkenalkan teknologi ini untuk pertama kalinya pada model sport aspal. Honda memasang E-Clutch pada CBR650R dan CB650R.

Sementara berdasarkan diagram kenop dan sakelar yang ditampilkan saat peluncuran Y-AMT, Yamaha menyebutkan bahwa teknologi tersebut akan dipasang pertama kali pada MT-09.

Berbeda dengan Yamaha, KTM dan Honda tetap mempertahankan tuas kopling dan foot shifter pada model maticnya. Yamaha mengikuti jejak BMW dalam menghilangkan kontrol kopling atau perpindahan gigi tradisional.

[Gambas:Youtube]

(Tagihan/Feya)


[Gambas:Video CNN]