Agustus 17, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tren Rambut Pendek untuk Wanita Saudi Wajib Jilbab tidak ada lagi

Riyadh

Wanita Arab Saudi Sekarang tidak wajib memakai jilbab di depan umum. Setelah kebijakan ini mulai berlaku, perempuan Saudi Secara keseluruhan mereka memotong rambut panjang mereka menjadi sangat pendek.

Sebagaimana dilaporkan AFPPada Jumat (24/6/2022), seorang wanita Saudi bernama Safi juga melakukan potongan rambut pendek ini. Safi berprofesi sebagai dokter dan baru-baru ini mendapat pekerjaan di sebuah rumah sakit di Riyadh.

Dia memutuskan untuk memotong rambut panjang bergelombangnya menjadi sangat pendek hingga ke leher dan memberinya tampilan baru.

Gaya rambut pendek – yang secara lokal dikenal dengan kata bahasa Inggris ‘boy’ – menjadi populer di kalangan wanita pekerja di Saudi yang konservatif.

Foto: Getty Images / AFP via FAYEZ NURELDINE

Di jalan-jalan Riyadh, Anda melihat banyak wanita dengan gaya rambut pendek. Di bawah reformasi sosial yang diusulkan oleh Pangeran Saudi Mohammed bin Salman (MBS), penguasa Arab Saudi yang sebenarnya, wanita Saudi tidak lagi diharuskan mengenakan jilbab.

Banyak yang menggambarkan gaya rambut ‘laki-laki’ sebagai alternatif praktis dan profesional untuk rambut panjang, karena lebih banyak wanita bergabung dengan angkatan kerja sebagai bagian penting dari upaya pemerintah untuk membangun kembali ekonomi Saudi.

Bagi Safi, yang menggunakan nama panggilan untuk melindungi identitasnya, potongan rambut pendek juga berfungsi sebagai semacam perlindungan dari perhatian yang tidak diinginkan dari pria dan membantunya lebih fokus pada pasiennya.

“Orang-orang suka melihat feminitas dalam penampilan wanita. Gaya ini menjadi semacam perisai yang melindungi saya dari orang-orang dan memberi saya kekuatan,” katanya.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Lihat acara viral lainnya: Belajar tentang Dimas Mangara C Dada Zedak-Zeduk

READ  Cara mendaftar vaksin booster Covit-19 bagi mereka yang tidak memiliki perlindungan pemeliharaan e-tiket

[Gambas:Video 20detik]