September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Tujuh Tahap Nafsu | Republik Online

Salah satunya adalah Nafsu Mutmainna.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Siamsul Surrey

Syekh Nawawi dalam kitab Panduan Katrul Ini menyatakan bahwa tujuh tahap nafsu berlaku secara hierarkis. Pertama, Ammara Kamam, Artinya, keinginan dominan yang memerintahkan kejahatan. Allah menegaskan, “Aku tidak membebaskan diri (dari kesalahan), karena nafsu selalu memerintahkan kejahatan, kecuali nafsu yang telah diberi rahmat oleh Tuhanku.” (Surat Yusuf/12:53).


Nafsu Ammara, kata Syekh Nawawi, ada tempatnya di dada. Tanda-tandanya adalah kikir, serakah, cemburu, bodoh, sombong, bernafsu, marah.


Kedua, Apakah itu nafsu?, tempat adalah hati. Tanda suka mengkritik gosip, kemunafikan, tirani, kebohongan dan pengabaian, menjadi lucu, menipu dan membanggakan diri sendiri. Allah berfirman, “Demi jiwa yang bertaubat.” (QS al-Qiyamah/75:2).


ketiga, semangat Mulhima. Tempat itu di Sukma. Tanda-tandanya adalah memberi, dermawan, rendah hati, selalu bertobat, sabar, dan penuh tanggung jawab.


keempat, Nafsu Mutmainna. Tempatnya di hati nurani. Kedermawanan, iman, ketekunan dalam beribadah, rasa syukur, cinta dan takut akan Tuhan adalah ciri-ciri orang fanatik ini. Mengenai keinginan ini Allah berfirman, “Hai jiwa yang tenteram, kembalilah kepada Tuhanmu dengan perasaan puas dan puas. (QS. Al-Fajr/89: 27-30).


kelima, Nafsu Radhiya. Gairah ini terletak jauh di dalam hati nurani atau di dalam hati. Tanda-tandanya adalah berbudi luhur, zuhud, jujur, anggun (vara’), melatih diri dengan ibadah dan kesulitan, dan selalu menepati janji.


keenam, Nafsu Marthiya. Tempatnya berada di tengah sana di area yang sangat tersembunyi. Tanda orang yang memiliki nafsu ini adalah berakhlak mulia, bertakwa kepada Allah semata, baik kepada semua makhluk, selalu berbuat baik dan mengoreksi, memaafkan kesalahan semua, penuh cinta, petunjuk dan petunjuk. Jika Allah berkehendak.

READ  Terletak di Diaz Yamaha, Suzuki memenangkan modul silinder dengan teknologi SCEM


Yang terakhir adalah Nafsu adalah kita Atau nafsu yang sempurna. Spot ini berada di tengah dada di area yang sangat tersembunyi. Tanda orang yang memiliki nafsu ini adalah Ilmul Yaqin (iman berdasarkan ilmu), Ainul Yaqin (iman berdasarkan ketajaman mata hati) dan Haqqul Yaqin (mukmin sejati).


Dengan mengidentifikasi tujuh emosi di atas, kita dapat menempatkan diri kita pada posisi apapun.