Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Ubur-ubur raksasa yang bersinar tertangkap kamera dan berubah menjadi peristiwa langka

Ubur-ubur raksasa yang bersinar tertangkap kamera dan berubah menjadi peristiwa langka

AtlantaTampilan Sebagai Ubur-ubur Pada Kamis pagi, 5 Mei 2022, kamera ruang angkasa raksasa dan bercahaya menangkap langit saat melintasi langit di atas kota Vegras di Georgia, AS. Sebuah objek misterius menyebar di langit memancarkan cahaya terang dan cepat, diikuti oleh aura oval yang bersinar.

Chris Combs, seorang profesor aerodinamika dan teknik mesin di University of Texas di San Antonio, menjelaskan di Twitter bahwa ubur-ubur luar angkasa bukanlah UFO. Benda bercahaya itu adalah roket SpaceX Balkan9 Diluncurkan 400 kilometer dari Vegras, Kennedy Space Center Florida.

Pertanyaannya, bagaimanapun, adalah apakah sejumlah besar roket ditembakkan dari landasan peluncuran di Kennedy setiap tahun. Peluncuran ini menyebabkan fenomena langka di langit yang disalahartikan sebagai penampakan UFO seperti ubur-ubur luar angkasa yang bercahaya.

Baca lebih banyak; Roket Falcon 9 andalan SpaceX; Luncurkan satelit, kargo, dan astronot secara bersamaan

Combs menjelaskan, penampakan ubur-ubur raksasa yang berpendar di langit itu merupakan sisa pembakaran dari ujung mesin roket Falcon 9.

Dalam hal ini, gas buang yang meninggalkan nosel diperbesar, yaitu tekanan gas buang lebih tinggi dari udara sekitar saat keluar dari nosel mesin. “Untuk menyesuaikan tekanan di atmosfer sekitarnya, pelepasan roket mengurangi tekanannya dengan mengembang saat keluar dari ujungnya,” kata Combs.

Lalu, bagaimana efek pancaran sinar terang itu tercipta? Menurut Comps, penjelasannya sangat sederhana karena ini soal waktu. Roket diluncurkan sekitar pukul 05:45 waktu setempat pada Kamis pagi, ketika sinar matahari dari atas cakrawala menerangi asap roket sehingga bersinar terang di langit yang gelap.

“Ini adalah fenomena fisik pada saat yang sama dengan pembentukan ubur-ubur luar angkasa. Persamaan sederhana untuk pemandangan indah dari ketinggian langit,” kata Combs.

READ  Peneliti mengungkapkan bahwa dinosaurus suka berkumpul dan bergosip

Baca lebih banyak; Elon Musk telah merilis kekuatan Falcon 9 roket Pack Philip, yang dapat kembali secara vertikal ke landasan peluncuran

Tentu saja, jika Anda ingin melihat ubur-ubur luar angkasa yang sebenarnya, Anda harus melihat sedikit lebih jauh ke luar angkasa, tepatnya sekitar 300 juta tahun cahaya jauhnya. Gugus Galaksi memiliki Abel 2877; Ketika para astronom baru-baru ini melihat objek tersebut melalui teleskop radio, mereka melihat sederet ubur-ubur yang berenang di kejauhan.

Ubur-ubur besar di langit adalah hasil dari ledakan gas besar, dalam hal ini, ledakan besar dari kumpulan lubang hitam primitif. Banyak fenomena luar biasa yang terjadi di langit akibat berbagai aktivitas benda-benda angkasa.

(wib)