Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, upacara perpindahan Kabba Kiswah melibatkan pejabat perempuan

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, upacara perpindahan Kabba Kiswah melibatkan pejabat perempuan



Jakarta

Upacara konversi Kiswah Ka'bah tahun ini istimewa. Untuk pertama kalinya, petugas perempuan pada Otoritas Urusan Publik Masjid Agung dan Masjid Nabawi dilantik dalam upacara tahunan tersebut.

“Pegawai perempuan Komisi Urusan Masyarakat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk pertama kalinya mengikuti upacara konversi Kiswah,” tulis X dalam postingannya. Di dalam Haramain (@insharafain) Minggu (7/7/2024).

Potret para perwira wanita yang mengikuti Upacara Penggantian Kaba Kisva tahun ini. (Foto: X @insharifain)

saya melihat detik hikmahPada Senin (8/7/2024), petugas perempuan tersebut mengenakan seragam berupa niqab dan pakaian serba hitam. Barisan petugas perempuan diberikan lembaran kain Kiswah yang telah ditandatangani kepada petugas lainnya saat mereka berbaris.

Periklanan

Gulir untuk melanjutkan konten

Mengganti Kiswah atau kain penutup Ka'bah sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap kali Tahun Baru Islam atau Muharram dimulai. Tahun ini, upacara penggantian kiswah dilaksanakan pada malam sebelum 1 Muharram 1446 Hijriah, tepatnya setelah salat Isya pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Kantor Berita Arab Saudi melaporkan. SPAProses konversi kiswah ini akan ditangani oleh 159 teknisi dan perajin.

Teknisi akan melepas Kiswah lama dan mendatangkan Kiswah baru. Hal ini dilakukan dengan cara menyebarkan empat halaman terpisah kisva baru di atas kisva lama.

Setelah itu, Kiswah baru akan dibangun dari bawah dan mulai dipasang dari atas Ka'bah. Sedangkan tali kiswah yang lama dilonggarkan.

Petugas menarik kiswah baru ke atas dan ke bawah sambil melepas kiswah lama secara perlahan. Proses tersebut diulang sebanyak empat kali untuk masing-masing sisi hingga Kiswah baru terpasang dengan benar.

READ  Kura-kura raksasa ini dianggap punah, dan para ilmuwan menemukannya di Galapagos

Upacara Kiswah baru diadakan bulan lalu untuk menandai pergantian kiswah tahunan. Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Wakil Emir Makkah dan Wakil Ketua Komite Haji Pusat Pangeran Saud Bin Mishal menyerahkan Kiswah baru kepada Abdul Malik Al-Shaibi, Wakil Penjaga Senior Ka'bah pada 18 Juni 2024 .

(Rah/Gri)