September 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Samsad Sulawesi Selatan

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan telah menemukan sebuah planet baru yang sepenuhnya terendam air

TOI-1452 b Sebuah planet yang sepenuhnya tertutup air ditemukan oleh tim ilmuwan internasional.(NASA)

Article.news, Makassar – Ilmuwan menemukan planet yang sepenuhnya tenggelam untuk pertama kalinya. Planet ini diduga mendukung kehidupan.

Sebuah tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Universitas Montreal, Kanada baru-baru ini mengumumkan penemuan planet TOI-1452 b yang mengorbit bintang katai merah. TOI-1452 b sedikit lebih besar dari Bumi dan terletak sekitar 100 tahun cahaya.

Kumparan.com diterbitkan oleh India Times, dikutip Jumat (23/9/2022), TOI-1452 b Dan mengandung lebih banyak air laut daripada Bumi. Model komputer menunjukkan bahwa 30 persen komposisi planet ini tertutup air.

Di Bumi, lautan menutupi kurang dari 1 persen dari total luas permukaan, tetapi 70 persen dari permukaan bumi adalah air.

“TOI-1452 b adalah salah satu kandidat terbaik untuk planet samudera,” jelas Charles Cadieux, mahasiswa PhD di University of Montreal di Kanada.

Jari-jari dan massanya menunjukkan kepadatan yang jauh lebih rendah dari yang diperkirakan untuk sebuah planet yang terutama terdiri dari logam dan batu mirip Bumi.

TOI-1452 menyelesaikan orbit di sekitar bintangnya setiap 11 hari, kata Charles Cadieux, seorang mahasiswa PhD di University of Montreal. Itu berarti satu tahun di planet ini hanya berlangsung selama 11 hari.

Menurut The Astronomical Journal, planet ini diperkirakan menerima radiasi dua kali lebih banyak dari Bumi dan bercahaya seperti Venus.

Laporan : ekspresi
Guru : Ruslan Amrullah

READ  Manusia meninggalkan lebih dari 15.000 pon puing di Planet Merah