Juli 18, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Update Haji 2024: 165 Jamaah Meninggal, Hampir 100 Tahun: Okezone Haji

Update Haji 2024: 165 Jamaah Meninggal, Hampir 100 Tahun: Okezone Haji

Mekah – Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siscohat) Kementerian Agama (Khemenak) mendaftarkan jemaah haji asal Indonesia. sedang sekarat Di Arab Saudi mencapai 165 jamaah. Data ini tercatat hingga Rabu (19/6/2024).

Jemaah yang meninggal adalah orang lanjut usia dan berasal dari banyak kelompok risiko tinggi (risti). Sedangkan Solehudin Mavi (94) rombongan SUB 38 meninggal dunia.

Saat ini seluruh jemaah haji Indonesia telah menyelesaikan puncak ibadah haji di Arafa, Mustalifa, dan Mina.

Mereka disarankan untuk menunda melakukan Tawaf Ifatah dan Sa'i sampai kesehatannya pulih dan fisiknya kembali bugar. Hal ini juga untuk menjaga keselamatan jiwa dan kesehatan jamaah haji.

“Jemaah haji yang sudah mulai kembali ke hotel dan yang belum melaksanakan Ifada Tawaf diimbau beristirahat dan memulihkan kebugaran jasmaninya, sedangkan Ifada dan Sai Tawaf ditunda hingga pulih dan sehat kembali,” kata ketua. Wilayah Kerja Makkah, Penyelenggara Haji (PPIH) Arab Saudi.

Khalil pun bertanya peziarah Jangan melakukan aktivitas yang menyia-nyiakan tubuh dan tenaga, seperti menunaikan ibadah haji atau umrah sunnah berulang.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disiniDan nantikan kejutan menarik lainnya

Jamaah haji gelombang pertama yang kembali ke Indonesia atau jamaah haji gelombang kedua yang berangkat ke Madinah diminta fokus pada jadwal kepulangan yang direncanakan dan menyelesaikan Tawaf Ifatah dan Sa'i sebelum pulang.

READ  Lionel Messi tertawa terbahak-bahak usai melempar mainan kura-kura ninja mirip Kylian Mbappe, apakah akan rusuh di PSG? : Bola Laut

Sedangkan jemaah haji (risti) lanjut usia, sakit, lemah, dan berisiko tinggi, serta jemaah wanita yang sedang menstruasi, dikecualikan dari kewajiban Tawaf Wada dan tidak dikenakan embargo.

“Jemaah haji yang sehat, tanpa batasan dan usia, melaksanakan Tawaf Wada 12 jam sebelum jadwal kepulangannya,” pungkas Khalilur Rahman.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone Untuk update berita terkini setiap hari