Juli 3, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Teleskop Luar Angkasa Hubble telah menemukan sesuatu yang 'aneh' di alam semesta

Vega, kenali segitiga musim panas bintang biru putih

Vega adalah bintang paling terang kelima yang terlihat dari Bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada suatu malam di bulan Juli, di sebelah timur, terdapat sebuah bintang bernama Summer Triangle. Ada tiga bintang di konstelasi ini: Vega, Deneb dan Alder.


Mereka adalah tiga bintang pertama yang menerangi bagian timur langit setelah matahari terbenam. Bahkan dari kota yang tercemar cahaya atau malam yang diterangi cahaya bulan, segitiga bintang ini masih bisa terlihat.


Vega, bintang biru dan putih di segitiga musim panas, adalah yang paling terang dari tiga bintang. Pada malam Juli, Vega adalah bintang paling terang di langit timur. Vega adalah bintang paling terang Galaksi Lyra Harpa. Alhasil, Alpha Lyre adalah nama lain dari Vega.


Dilaporkan dari langit bumi, Vega berjarak sekitar seperempat tahun cahaya. Banyak yang akrab dengan konstelasi Vega, Lyra. Segitiga bintang yang dihubungkan oleh peta paralel muncul dalam bentuk bintang ini.


Cara melihat Vegas


Vega pertama kali terlihat pada malam hari di belahan bumi utara pada bulan Mei. Vega utara bersinar kuat di timur pada malam hari di musim panas. Pada malam musim gugur di utara, itu ke atas, dan pada malam Desember, Vega ada di barat laut.


Lyra adalah galaksi kecil dengan beberapa fitur unik. Epsilon Lyrae dikenal oleh pengguna teleskop sebagai bintang ganda utama, ditemukan di dekat Vega.


Vega adalah bintang paling terang kelima yang terlihat dari Bumi, setelah Sirius dan Arcturus. Vega adalah bintang paling terang ketiga, mudah terlihat dari garis lintang tengah-utara.


Warna biru khas bintang menunjukkan suhu permukaan sekitar 17.000 derajat Fahrenheit (9.400 derajat Celcius) dan sekitar 7.000 derajat Fahrenheit (4.000 derajat Celcius) di atas Matahari kita.

READ  Tips memperbaiki kamera ponsel Oppo untuk penggunaan video di sekolah anak


Bintang ini berukuran 2,5 kali diameter Matahari dan memiliki massa di bawah Matahari. Namun, karena tekanan dan suhu dalam ruangan vega Pada ketinggian yang cukup tinggi di atas matahari, Vega membakar bahan bakar internalnya lebih cepat.


Vega hanya sepersepuluh dari usia Matahari kita. Vega akan kehabisan bahan bakar dalam setengah miliar tahun. Vega berputar cepat, menyelesaikan satu siklus penuh pada porosnya setiap 12,5 jam. Di sisi lain, dibutuhkan 27 hari bagi matahari kita untuk menyelesaikan satu siklus.