September 28, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Viral Aurat Terhina, YouTuber Jawilda: Ini Peringatan


Lombok

Jawilda, seorang YouTuber dan pembuat konten, menjadi perbincangan di media sosial. Wanita yang dikenal sebagai Vilda ini membuat konten dan menarik perhatian dengan menyuruh seorang wanita untuk mengenakan jilbab di depan umum. Konten tersebut ia bagikan melalui akun Youtube Zavilda TV.

Zavilda memiliki lebih dari 24,7 ribu pengikut di Instagram dan 211 ribu pelanggan di Youtube. Konten YouTube-nya kebanyakan menampilkan video sosial eksperimental tentang Islam. Rata-rata dia mengajak perempuan untuk hijrah.

Sebuah video viral Javila kembali diunggah oleh akun Twitter @littlevixen__. Video viral tersebut menuai kecaman dari netizen karena memaksa wanita untuk menutupi auratnya.

Sebuah video yang viral dan diunggah kembali oleh akun Twitter @littlevixen__ memperlihatkan Zawila yang mengenakan kerudung mendekati seorang wanita yang duduk sendirian di tengah keramaian di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Zawilda yang mengenakan jubah, niqab, dan kacamata hitam mendekati wanita itu.

Unggahan viral tersebut menuai kecaman dan tidak lagi tersedia di YouTube milik Zawilda. Namun, video tersebut menjadi viral. Salah satunya diunggah ulang oleh akun Twitter @littlevixen__. Sebuah cerita viral Klik disini.

YouTuber yang akrab disapa Vilda ini mendapat beragam komentar dari netizen di media sosial terkait aksinya melakukan eksperimen sosial dengan meminta perempuan menutup aurat. Melalui akun Instagram @vilda_emon, Vilda memberikan penjelasannya. Dia bersikeras bahwa dia pertama kali meminta izin dari wanita dalam video viral dan setuju untuk menayangkannya di YouTube.

“Saya tidak masalah kamu dimarahi, ditegur, dan ditegur di sini. Saya terima asalkan kata-kata dibaca dengan cermat. Penghujatan yang mengerikan untuk kata-kata seperti ANJ, GON.. BUNGS.. Bolehkah saya berbicara di sini? Juga? Media atau akun-akunnya kebanjiran postingan gak bisa. “Selamat datang ya ga apa-apa lah tolong lah judulnya kenceng banget sampe ngajak netter bikin komentar mesum padahal gak bener,” tulisnya. Sabtu (27/8/2022).

READ  Doa Dustin Fourier untuk Conor McGregor

Konfirmasikan Volipop

Volipop telah menghubungi YouTuber Wilda R, yang dikritik karena membuat video sosial eksperimental yang meminta seorang wanita untuk menutupi alat kelaminnya di depan umum. Vilda mengaku kaget saat unggahannya menjadi viral di media sosial.

“Reaksinya pasti kaget, kaget bukan kaget senang, kaget saja, karena ini bukan yang saya inginkan. Mungkin kebanyakan kreator sengaja cari gara-gara untuk viral, tapi yang saya alami sebenarnya bukan saya. Dicari,” Wilda mengatakan kepada Volipop melalui WhatsApp pada Senin (29/8/2022). .

Wilda lahir di Jawa Timur namun saat ini tinggal di Lombok, NTB. Dia kemudian mengkritik unggahannya setelah menjadi viral.

“Video yang beredar adalah video klip dengan kata-kata emosional, bukan video penuh konten dengan caption yang tidak benar-benar menyebutkan apa yang terjadi,” kata Wilda.

Wanita berusia 21 tahun itu mengkonfirmasi dalam sebuah video yang dia unggah bahwa dia meminta izin kepada wanita itu.

“Tapi saya tahu maksudnya untuk menghidupkan komentar netizen, dan itu boleh saja. Tapi sebenarnya, video itu dibuat dengan izin, diterbitkan dengan izin, dan benar-benar tidak ada paksaan. Bahkan, kami tidak pernah memaksakan target video. Kebanyakan orang yang tidak terlalu suka adalah mereka yang mengangkat isu tersebut untuk berbicara di depan umum melalui konten saya, Dan kemudian saya akan memberikan sedikit bukti,” kata Wilda.

Foto Jawilda, seorang YouTuber viral yang bereksperimen dengan video sosial, menuai kritik dari netizen. Foto: Dok. Instagram @ezagiopotret.

Dampak setelah ulasan viral dan panen

Wilda pun membeberkan dampaknya setelah namanya viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Tanpa merinci, Vilda menganggap fitnah dan kritikan netizen sebagai teguran baginya.

“(Dampaknya) harus ada, mungkin itu peringatan bagi kita untuk memperbaiki diri di masa depan. Karena Tuhan memberi kita ujian ini, Tuhan sangat percaya bahwa saya bisa melewatinya, tetapi karena saya tidak mau, saya pasti bisa. kaget,” kata Wilda.

Wanita bercadar itu bersikeras bahwa dia tidak mengharapkan kontennya menarik kritik dan tidak bermaksud untuk menjadi viral dengan sengaja. “Saya bukan kreator seperti orang lain yang sengaja mencari viralitas seperti itu, ini benar-benar di luar batas kemampuan saya. Saya sedih dan menangisi kejadian ini,” ujarnya sedih.

Bagaimana dengan kisah Vilda memilih menjadi seorang YouTuber? Klik halaman berikutnya!