Mei 29, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

WFA sedang mempersiapkan ASN, untuk instansi mana? Semua halaman

KOMPAS.com – Diketahui bahwa pemerintah sedang mempersiapkan penerapan sistem kerja Mesin Sipil Negara (ASN). Bekerja dari mana saja (WFA).

Sistem kerja yang diusulkan ini didasarkan pada praktik WFO-WFH, yang terbukti efektif dan berhasil diterapkan selama epidemi Pemerintah-19.

Satya Pratama, Ketua Biro Hukum, Humas dan Kerjasama, Badan Kepegawaian Negara, mengatakan: WFA untuk ASN Fleksibel melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Penggunaan WFA bertujuan untuk meningkatkan efektivitas ASN dan memberikan efisiensi pada birokrasi pemerintah.

“Jadi mungkin ada wacana tentang ASN Bekerja dari mana sajaKuncinya mencapai prestasi dan tujuan,” ujar Satya seperti dikutip Kompas.com (12/5/2022).

Baca selengkapnya: Pertanyaan: Apakah 50 persen ASN bisa di WFH, Kemendagri atau semua instansi saja?

Upaya reformasi birokrasi

Sementara itu, Mohamed Averov, Ketua Eksekutif Biro Hukum, Komunikasi dan Informatika Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemanban RB), mengatakan usulan WFA untuk ASN sejalan dengan praktik reformasi birokrasi dan penyederhanaan birokrasi.

Secara signifikan, pemerintah berupaya menyederhanakan struktur organisasi, transisi dari struktural ke operasional, dan menyesuaikan struktur kerja agar lebih energik, lincah dan kolaboratif.

“Kementerian PANRB bekerjasama dengan instansi terkait saat ini sedang menyusun Kebijakan Flexible Task Force (FWA) Mesin Sipil Negara (ASN),” jelasnya saat dihubungi. Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

“Penataan jadwal kerja staf ASN dengan fleksibilitas lokasi dan jam kerja dengan peningkatan ICT dan teknologi komunikasi,” imbuhnya.

Baca selengkapnya: ASN WFH mulai besok, instansi mana?

KOMPAS.com/MASRIADI Deskripsi Pegawai Pemerintah.

Ia menambahkan, mekanisme dan prosedur aturan WFA akan terus digunakan Lokasi Fleksi, Artinya, Anda bisa melakukan pekerjaan tanpa harus berada di kantor atau tempat kerja.

“(Tentu saja) penggunaan teknologi dan komunikasi untuk menghubungkan karyawan dengan atasan dan Mitra Di kejauhan, “kata Averrouve.

READ  Tak ada aturan gol, Timnas Indonesia U-23 berpeluang lolos ke Piala Asia U-23: Okason Pola

Menurut dia, mekanisme WFA Menurut ASN, hal ini dapat meningkatkan produktivitas kinerja karena karyawan tidak membutuhkan waktu ekstra untuk sampai ke kantor.

Selain itu, WFA untuk ASN cocok untuk staf operasional dan kebutuhan khusus.

Baca selengkapnya: Dengar, Ini Hambatan ASN Terlibat Perusahaan Terlarang

Jangan dianggap menganggur Lokasi Fleksi, WFA untuk ASN juga dipertimbangkan Waktu fleksibel, Karyawan memiliki kontrak berapa jam dia harus bekerja.

“Kemudian, karyawan dapat memilih waktu untuk memulai dan menyelesaikan pekerjaan, hingga memenuhi jam kerja yang telah ditentukan,” tambahnya.

Namun, Averrouve mengatakan perusahaan masih memegang “waktu penting” Semua staf harus berada di kantor.

Konsep WFA merupakan bagian kecil dari Flexible Work Agreement (FWA).

Baca selengkapnya: Pertanyaan: Apakah 50 persen ASN bisa di WFH, Kemendagri atau semua instansi saja?

Agensi yang menjadi tuan rumah WFA

Lebih lanjut, Averrouve mengungkapkan banyak karakteristik lembaga yang menerapkan ASN WFA.

Pertama, instansi dengan jabatan yang memenuhi persyaratan WFA.

“Kriteria kedua adalah separuh dari seluruh karyawan mahir dalam teknologi dan informasi Perangkat lunak Atau tidak Perangkat keras, ” dia berkata.

Selain itu, ASN diharapkan dapat menerapkan WFA, bekerja di instansi dengan struktur organisasi yang sangat efektif dan efisien.

Baca selengkapnya: Persyaratan PNS yang ingin berubah status menjadi pegawai Otoritas IKN

Terakhir, WFA tidak ditujukan untuk ASN, dan tugas dan fungsinya terkait langsung dengan pelayanan publik.

Hingga saat ini Kementerian Keuangan (KemenQ) pihaknya, Kementerian PPN/Bappenas dan beberapa pihak terkait telah terlibat dalam finalisasi aturan WFA untuk ASN.

“FGD telah dilakukan dan diskusi telah dilakukan dengan Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Papenas, LAN dan pemerintah provinsi, salah satunya dengan pemerintah provinsi Jawa Barat,” kata Averrouce.

READ  Posisi Sementara Perebutan Medali Olimpiade Tokyo 2020, Senin 26 Juli 2021 Pukul 16.30 WIB: Indonesia Peringkat 24: Okason Games

“Draf selanjutnya siap difinalisasi oleh Panitia Pengembangan PermenPANRB,” imbuhnya.

Baca selengkapnya: Jadwal Cuti Bersama Idul Fitri 2022 PNS dan Pegawai Swasta

KOMPAS.com/AkbarBayu Tamdomo
Bagan: Pekerjaan melewatkan PNS dapat dihapus

Dapatkan pembaruan pesan pilihan Dan berita penting Setiap hari dari Kompas.com. Jom join team telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, Kemudian bergabung. Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.