Oktober 2, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Xavi menegaskan aturan ‘waktu bersih’ dalam sepakbola

Barcelona

Bersikeras menggunakan aturan ‘Waktu Bersih’ Kembali ke depan dalam sepak bola. Kali ini pelatih Barcelona, Xavi Hernandez Siapa yang mengusulkannya.

Saat Barcelona menjamu Rayo Vallecano akhir pekan lalu, saran Xavi sedikit banyak menjadi bumerang saat Barcelona bermain imbang tanpa gol. Saat itu, tim tamu dinilai mengulur banyak waktu untuk menahan laju serangan Blaugrana.

Bahkan, Diairio AS mencatat, laga hanya efektif memainkan bola selama 54 menit. Meskipun wasit memberikan total 14 menit waktu tambahan dalam pertandingan, 9 menit diberikan di babak kedua.

Itu berarti sekitar 40 menit terbuang untuk pergantian pemain, water break, berurusan dengan protes pemain, pemeriksaan video asisten wasit (VAR), dan pemain yang berpura-pura cedera.

Karena itulah Javi merasa perlu menggunakan aturan waktu bersih ini di masa mendatang. Dengan begitu, permainan akan lebih menyenangkan dan fair, karena pilihan membuang waktu sudah tidak berguna lagi karena tidak memperhitungkan waktu permainan.

“Bagi saya itu situasi yang konyol, saya tidak hanya berbicara tentang Rayo di sini. Tapi saya pikir sepak bola adalah satu-satunya olahraga yang tidak menggunakan waktu dengan bersih. Bukankah kita menginginkan permainan yang adil? Nah, itu (peraturan) akan akhiri frustrasinya,” kata Xavi.

Waktu yang berguna untuk 10 pertandingan pertama Liga Spanyol 2022/23. Foto: Dok. Buku Harian Amerika

Tidak ada salahnya jika Savi marah. Faktanya, Liga Spanyol berada di posisi terbawah dari lima liga top Eropa musim ini dalam hal waktu bermain yang efektif, meski hanya tersisa 1-2 minggu.

Dalam Jornada pertama akhir pekan lalu, 10 pertandingan La Liga dimainkan dengan rata-rata hanya 52 menit dan 31 detik. Angka itu unggul 2 menit 8 detik dari Premier League.

READ  Rencana Premier League Leeds United vs Man United, rencana lain keluarga Glazer setelah melukai suporter MU

Aturan waktu bersih ini dikatakan sedang ditinjau oleh FIFA dan IFAB. Mantan wasit seperti Mark Clattenburg termasuk di antara mereka yang mendukung pandangan ini. Jika diterapkan, durasi pertandingan sepak bola akan dikurangi dari 90 menit menjadi 60 menit.

Rata-rata waktu bermain efektif di lima liga top Eropa pada musim 2022/23.Rata-rata waktu bermain efektif di lima liga top Eropa pada musim 2022/23. Foto: Dok. Buku Harian Amerika

Debut ‘Lewandowski CS’ berakhir imbang Tonton juga video Xavi: Malu dengan hasilnya’:

[Gambas:Video 20detik]

(adp/pur)