Juli 4, 2022

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

6 Tendangan Lasker FBI, Djokovic: Perlindungan Hukum, Warganet Tak Semena-mena! : Oksigen Nasional

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Djokovic) Ditekankan, petugas dilindungi undang-undang dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, tidak boleh ada komunitas yang semena-mena melanggar hukum.

Hal itu diungkapkan Djokovic saat ditanya tentang kejadian beberapa pekan lalu. Sejak kematian 6 anggota Warga Lashkar 4 Frontier Sikh dan Pembela Islam (REIT) Pengawal Habib Risik Shihab.

“Aparat hukum dilindungi undang-undang dalam menjalankan tugasnya, tidak dengan cara yang menyebabkan warga atau komunitas melakukan kekerasan terhadap hukum (masyarakat) dan membahayakan negara dan negara. Aparat penegak hukum tidak boleh mundur,” kata Djokovic, Minggu (13/12/2020).

Kendati demikian, Presiden mengingatkan aparat penegak hukum untuk selalu mengikuti aturan hukum dalam menjalankan tugasnya. Termasuk perlindungan hak asasi manusia (HAM).

Baca juga: 6 FBI Lasker terbunuh, Djokovic: Petugas tidak bisa mengundurkan diri, tapi harus mengikuti aturan hukum

“Gunakan kekuatan mereka dengan cara yang adil dan terukur,” kata Djokovic.

Lantas, bagaimana jika ada perbedaan pendapat terkait penegakan hukum? Djokovic juga meminta masyarakat menggunakan jalur hukum yang ada.

“Jika ada perbedaan pendapat tentang proses penegakan hukum, saya anjurkan agar menggunakan prosedur hukum, mengikuti prosedur hukum, mengikuti prosedur pengadilan dan menghormati proses pengadilan,” ujarnya.

READ  Serangan di Masjidil Haram: Sholat Jum'at jadi incaran pendeta, pelakunya mau mimbar mimbar