Februari 21, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Anehnya, langit Hawaii memperlihatkan cahaya seperti pusaran air

Anehnya, langit Hawaii memperlihatkan cahaya seperti pusaran air

Jakarta

Pusaran cahaya berbentuk bintang yang berputar-putar muncul sebentar di langit malam Hawaii. Tentang apa itu?

Sebelum spekulasi apa pun, para ahli memastikan bahwa bahan bakar roket beku yang dikeluarkan selama peluncuran SpaceX adalah gulungan yang luar biasa.

Video cahaya halus, ditangkap 18 Januari oleh National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ) Subaru-Asahi Star Camera dan kantor berita Jepang Asahi Shimbun, menunjukkan seberkas cahaya kecil yang membentang di langit dalam pusaran bercahaya beberapa saat sebelumnya. menghilang

“SpaceX tampaknya terkait dengan peluncuran satelit baru perusahaan,” tulis perwakilan NAOJ, seperti dikutip dari LiveScience.

Peluncuran SpaceX yang dimaksud adalah roket Falcon 9 yang berhasil lepas landas dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada pukul 7:24 pagi EST (1224 GMT), membawa satelit GPS baru untuk angkatan luar angkasa AS.

Tahap pertama roket, yang memberikan daya dorong utama untuk lepas landas, terpisah dari tahap kedua pembawa muatan tiga menit setelah peluncuran dan akhirnya kembali ke Bumi.

Setelah berpisah dari tahap pertama, tahap kedua menggunakan mesin kecilnya untuk menggerakkan badannya sendiri ke posisi satelit. Setelah satelit dikerahkan, bahan bakar yang tersisa dikeluarkan sebelum masuk kembali, menyebabkan tahap kedua melakukan deorbit dan memasuki putaran sebelum menabrak Bumi di Samudra Pasifik.

Foto: Kamera Bintang Subaru-Asahi

Proses ini menciptakan awan kristal bahan bakar beku berbentuk spiral yang diterangi oleh sinar matahari, menurut Spaceweather.com.

Ini bukan pertama kalinya roket SpaceX menampilkan pertunjukan cahaya yang memukau. Pada April 2022, setelah SpaceX meluncurkan satelit mata-mata ke orbit dengan roket Falcon 9 lainnya, Teleskop Subaru-Asahi menangkap spiral cahaya yang berkelap-kelip.

READ  Ada Fenomena Matahari Terbenam Lebih Lambat Akhir Januri 2022, Ini Penjelasan Lengkapnya

Akibatnya, penampakan yang disebut “spiral SpaceX” menjadi umum di Pasifik, karena sebagian besar tahapan roket Falcon 9 kembali ke Bumi.

Bahan bakar roket beku juga telah menciptakan beberapa anomali yang mengejutkan secara visual di bagian lain dunia. Pada Maret 2022, bahan bakar beku dari roket Tiongkok menciptakan bola cahaya raksasa yang berputar yang menangkap aurora borealis Alaska.

Pada bulan Oktober 2017, bola biru yang lebih besar terlihat di langit di atas Siberia. Kemudian uji coba roket militer Rusia dilakukan di area yang meninggalkan bahan bakar beku.

Tonton videonya”Peristiwa Surgawi pada 4 Desember 2022
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)