Antisipasi Virus Corona, Sejumlah Pertunjukan Ditunda Hingga Dibatalkan

Portal Teater – Mengantisipasi penyebaran dan infeksi virus Corona (covid-19) di Indonesia, sejumlah pertunjukan seni yang diagendakan akan dipentaskan pada Maret dan April 2020 akhirnya harus ditunda bahkan dibatalkan.

Teater Koma, Happy Salma, Sala Hatedu, Teater Ghanta, Teater Keliling, dan beberapa agenda seni lainnya seperti Bulan Film Nasional, pun telah mengkonfirmasi penundaan dan pembatalan tersebut.

Teater Koma diagendakan akan mementaskan “Sampek Engtay” karya dan sutradara Nano Riantiarno pada 28-29 Maret 2020 di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Buntut virus Corona, manajemen Teater Koma terpaksa menngundurkan jadwal pertunjukan ke 15-16 Agustus 2020 mendatang di tempat yang sama.

“Mempertimbangkan alasan kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan seluruh pihak yang terlibat dalam pertunjukan teater “Sampek Engtay”, Teater Koma dengan berat hati memutuskan untuk mengubah tanggal pertunjukan,” tulis Teater Koma di akun media sosialnya, Senin (16/3).

Bagi penonton yang sudah membeli tiket pertunjukan, nantinya dapat digunakan sesuai jadwal pengganti, sesuai hari dan jam pertunjukan sebelumnya.

Diketahui, “Sampek Engtay” pertama kali dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta pada 1988 selama 18 hari. Pada 1989, pentas ini sempat mengalami pencekalan di Medan.

Selain di Indonesia, lakon ini pernah dipentaskan di Singapura dalam bahasa Inggris pada 2000 oleh kelompok The Theatre Practice dan disutradarai Nano Riantiarno.

Pada 2004, Teater Koma mendapatkan sertifikat MURI berkat lakon ini yang telah dipentaskan 80 kali selama 16 tahun (1988-2004).

Teater Koma menunda pementasan "Sampek Engtay". -Dok. Teater Koma
Teater Koma menunda pementasan “Sampek Engtay”. -Dok. Teater Koma

Monolog “INGGIT” Ditunda

Setali tiga uang dengan Teater Koma, Titimangsa Foundation dalam sebuah publikasi resmi di media sosialnya, mengatakan, pementasan Monolog “INGGIT” yang akan dipentaskan artis` Happy Salma pun ditunda.

Dilaporkan, pentas monolog berupa teater musikal tersebut akan ditayangkan pada 22 Agustus 2020 di Ciputra Artpreneur, dari sebelumnya dijadwalkan pada 18 April 2020.

Bagi penonton yang sudah membeli tiket pertunjukan, nantinya dapat digunakan pada saat pementasan. Jika ingin pengembalian uang (refund), maka nomor kursi akan dilepas dan proses pengembaliannya dibantu oleh Titimangsa Foundation.

“Jika ingin membeli kembali saat ticket box dibuka, harus mengulangi proses dari awal,” tulis Titimangsa Foundation, Selasa (17/3).

Demikian halnya dengan Teater Ghanta yang dijadwalkan akan mementaskan “Pengajian Tubuh” di Taman Ayodya, Jakarta Selatan, pun ditunda. Seusai Lebaran, pertunjukan yang disutradarai Yustiansyah Lesmana ini baru kembali tayang.

Teater Keliling pun mengkonfirmasi, bahwa pertunjukan “The Great Rahwana” yang sedianya diadakan pada 10-11 April mendatang diundur ke 12 Juni 2020.

Sala Hatedu 2020 Dibatalkan

Berbeda dengan agenda pertunjukan lain, helatan Sala Hatedu (Hari Teater Dunia) yang ke-7 tahun 2020 yang diadakan di Solo, Jawa Tengah, pada 24-27 Maret terpaksa harus dibatalkan, menyusul surat edaran Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Pendiri dan Ketua Sala Hatedu 2020 Caroko Turah Hananto menyatakan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah antusias mau berpartisipasi dalam program tahunan ini.

“Kami selaku Panitia Penyelenggara mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta Salah Hatedu #7 tahun 2020,” katanya.

Adapun perayaan Sala Hatedu 2020 rencananya dihadiri 30 kelompok teater dari tanah air dan mancanegara. Dari luar negeri ada empat grup, dengan semuanya dari Malaysia, antara lain: Tepak Tellaz, Anomalist Production, Stefani Event, dan PRJK BB.

Pementasan Program Studi Teater IKJ pada Hari Teater Dunia 2019. -Dok. Turah Hananto
Pementasan Program Studi Teater IKJ pada Hari Teater Dunia 2019. -Dok. Turah Hananto

Pembatalan Sala Hatedu, tidak seperti agenda pertunjukan lain, mengingat program ini merupakan event tahunan untuk merayakan hari lahirnya teater internasional yang diperingati pada 27 Maret tiap tahunnya.

Hatedu pada mulanya diinisiasi oleh International Theatre Institute (ITI) tahun 1961, yang kemudian diakuisisi UNESCO.

Ada pula beberapa acara besar internasional, seperti konser musik, premier film, hingga tur dan festival yang ditunda hingga dibatalkan.

Acara-acara tersebut, antara lain: Live Nation Tour, Green Day, The Metropolitan Opera, Coachella dan Stagecoach, Festival Film Praha Festival Film Internasional Praha, Konferensi TED 2020, Festival Musik Tomorrowland, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, Kineforum pun merilis pengumuman yang menyatakan penundaan prorgram Bulan Film Nasional yang dijadwalkan akan diadakan mulai pekan ini hingga akhir bulan.

Pesta Raya Sintesa Tetap Dijalankan

Pesta Raya International Festival, sebelumnya bernama Pesta Raya Sintesa, yang digagas SINTESA (Simpul Interaksi Teater Selatan), diketahui masih tetap berjalan.

Event akbar ini direncanakan akan dibuka secara resmi pada 28 Maret 2020 di Gedung Pertunjukan Bulungan, Jakarta Selatan.

Ketua SINTESA Toto Sokle mengatakan, festival perdana multidisiplin ini akan tetap dijalankan dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan bagi penonton.

Pesta seni besar ini dibuat sepanjang 2020 dengan menampilkan ragam karya seni, mulai dari pertunjukan, musik, diskusi, hingga pameran.

Pembukaan program ini akan menghadirkan pertunjukan kolaborasi seniman dari Thailand, Taiwan, Singapura, Filipina dan Indonesia, bertajuk “Five to Midnight”.

Dilaporkan, hingga Selasa (17/3), jumlah pasien positif virus corona di Indonesia sendiri mencapai angka 134 kasus, dengan 8 orang sembuh dan 5 orang meninggal dunia.*

Baca Juga

PSBB untuk Jakarta, Bagaimana Nasib Daerah Lain?

Portal Teater - Pemerintah resmi menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta. Keputusan ini dibuat untuk menekan transmisi virus...

Pasien Terinfeksi Covid-19 di Indonesia Tembus 3.000 Orang

Portal Teater - Pemerintah Indonesia pada Rabu (8/4) siang merilis data perkembangan terbaru kasus virus Corona di tanah air. Seperti hari-hari sebelumnya, grafik temuan...

Bersiap Hadapi Risiko Terburuk

Portal Teater - Indonesia bersiap menghadapi kemungkinan terburuk menyusul makin melonjaknya jumlah penemuan kasus baru terkonfirmasi positif virus Corona. Sepanjang pekan ini, jumlah pasien masih...

Terkini

PSBB untuk Jakarta Berlaku Selama Dua Minggu

Portal Teater - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama dua minggu ke depan, mulai 10-23 April 2020. Penetapan PSBB...

Kemenparekraf Talangi Pekerja Pariwisata dan Seni

Portal Teater - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana memberikan stimulus fiskal bagi pekerja di bidang pariwisata dan seni. Pendataan akan diperketat agar tidak...

Temuan Kasus Baru Melonjak Drastis

Portal Teater - Temuan kasus baru pasien terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) di Indonesia melonjak drastis pada Kamis (9/4). Otoritas melaporkan, ada 337 kasus baru...

500 Juta Penduduk Dunia akan Jatuh Miskin Karena Corona

Portal Teater - Oxfam, sebuah organisasi nirlaba dari Inggris yang fokus pada penanggulangan bencana dan advokasi, mengatakan pada Kamis (9/4) bahwa dampak dari penyebaran...

Festival Teater Nasional 2020 Ditunda

Portal Teater - Teater Gema mengumumkan secara resmi penundaan pelaksanaan Festival Teater Nasional tahun 2020. Kabar penangguhan disampaikan melalui publikasi di akun media sosialnya,...