Juni 16, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Impor Ponsel Capai 31 Triliun, Terbesar dari China!

Impor Ponsel Capai 31 Triliun, Terbesar dari China!

Jakarta, CNBC Indonesia– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekecewaannya karena impor peralatan teknologi dan perangkat komunikasi dalam jumlah besar mencapai puluhan triliun rupiah.

Catatan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perdagangan menunjukkan impor, khususnya telepon seluler, peralatan teknologi, dan perangkat komunikasi, justru meningkat tajam dalam lima tahun terakhir.

Namun sayangnya peralatan teknis dan alat komunikasi yang kita gunakan masih didominasi barang impor, dan nilai defisit perdagangan sektor ini hampir US$ 2,1 miliar atau lebih dari Rp 30 triliun, kata Jokowi saat membuka acara. Rumah Tes Digital Indonesia (IDTH)atau Selasa (7/5/2024) di Balai Uji Coba Perangkat Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika di Tebok, Jawa Barat.

Selain itu, Jokowi juga membeberkan permintaan alat uji dan produk impor. Dari catatannya, produk asal China mencapai 3.046 perangkat, sedangkan Indonesia hanya 632 perangkat.


Foto: Kementerian Perdagangan
Negara asal impor TIK

Data Kementerian Perdagangan menunjukkan impor peralatan teknologi dan informasi dan komunikasi (TIK) mencapai US$ 137,08 triliun (US$1 = Rp 16.052) pada tahun 2022.
Dibandingkan tahun 2021, nilai impor meningkat sebesar 22,7%. Nilainya mencapai USD 4,16 miliar atau Rp 66,8 triliun pada Januari-Juni 2023.


Impor terbesar adalah perangkat ponsel pintar, disusul laptop, netbook, dan tablet. Dari negara asal, importir terbesar adalah Tiongkok, disusul Singapura, Malaysia, dan Jepang.


Sistem Impor TIKFoto: Kementerian Perdagangan
Sistem Impor TIK

Berdasarkan catatan BPS, impor ponsel pintar dan perangkat terkait meningkat tajam dalam lima tahun terakhir.
Impor ponsel pintar naik 422% menjadi $6,08 triliun pada tahun 2018 atau $31,79 miliar pada tahun 2023.

mencapai 1,97 miliar dollar AS atau sekitar 31,64 triliun. Data menunjukkan 98,7% impor ponsel pintar berasal dari Tiongkok.


Riset CNBC Indonesia
[email protected]

(dia)

[Gambas:Video CNBC]


READ  Trump diminta untuk mengklarifikasi dugaan kecurangan pemilu