Maret 2, 2024

Portal Teater

Periksa halaman ini untuk berita utama terkini Indonesia,

Bermain untuk yang mengamalkan tujuan puasa Tashua dan keutamaannya hari ini

Jakarta

Hari ini, Rabu, 18 Agustus 2021, Muharram bertepatan dengan tanggal 9 1443 H. Sunnah bagi umat Islam untuk beribadah pada hari ini Puasa Tashua. Disarankan untuk melakukan puasa Asyura keesokan harinya.

Ada banyak hadits yang merujuk pada keutamaan puasa Tashwa dan puasa Asyura. Puasa Tashua adalah ibadah sunnah pada tanggal 9 Muharram. Puasa Asyura adalah ibadah sunnah pada tanggal 10 Muharram.

Dalam buku Islamic Fiqh Adilladuhu Jus 3, Profesor Wahba al-Juhaili menyatakan bahwa para ulama sepakat. Puasa Tashua Sunnah termasuk dalam puasa. Ulama mazhab Hanafi mengklasifikasikan puasa Tashua dan Asyura sebagai ibadah sunnah Masnun yang sering dilakukan oleh Nabi SAW.

Bagan tujuan puasa Tashua Foto: Fuwat Hashim / Tedicom

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Nabi SAW bersabda:

“Bahkan, jika saya hidup sampai tahun depan, saya akan berpuasa pada tanggal 9 dan 10 (Muharram).”

Hamdan Rashid dan Saiful Hadi El-Suda dalam buku panduan harian Muslim mereka menyebutkan keutamaan puasa Asyura pada hari kesepuluh Muharram setahun yang lalu. Hal yang sama berlaku untuk hari kesembilan Muharram, puasa Tashua.

Disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Kotada Al Anshori:

. الْمَاضِيَةَ الْبَاقِيَةَ. السَّنَةَ

Artinya: “Apakah Rasulullah SAW pernah bertanya tentang keutamaan puasa? “” Asyura?, “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”

Prioritas puasa Tashua, Puasa Asyura dan puasa sunnah lainnya di bulan Muharram disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Nabi (saw) berkata:

لُ لُ

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah – Muharram. Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.”

READ  Mahboot MD: Jika saya presiden, novel Pasvedan akan menjadi jaksa agung

Bacaan Niat Puasa Tasawa 9 Muharram :

صوم

Latin: ‘ஆ

Artinya: “Saya niat puasa pada hari taswa, itu sunnah Allah.”

Editor Kebijaksanaan Dedicom mengucapkan selamat berlari ibadah puasa tashua Untuk pelari.

(Hutan / hutan)