Budi Karya: Seni adalah Ruang Keseimbangan Hidup

Portal Teater – Indonesian Art Festival 2019 (dulunya bernama Pesta Seni Rupa) dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (10/11). Pameran ini diikuti 200 seniman dari berbagai daerah Indonesia.

Budi Karya dalam sambutannya mengatakan, manusia pada dasarnya memerlukan kesenian untuk menyeimbangkan aktivitas yang lainnya.

“Seni adalah satu ruang lain, seni adalah satu kegiatan harus kita kembangkan karena dari senilah keseimbangan ada di situ,” kata Budi Karya, Minggu (10/11), melansir kumparan.com.

Sebagai ruang keseimbangan, seni tidak hanya digeluti oleh para seniman tulen. Tetapi dapat saja dilakukan oleh orang-orang yang memiliki minat dan bakat di bidang tersebut.

Salah satu contohnya adalah Elek Yo Band yang personelnya diisi oleh menteri. Mereka yang terlibat dalam grup musik sadar bahwa seni merupakan sarana yang paling tepat untuk membuat hidup mereka lebih seimbang.

“Kami mau cerita, kan ada Elek Yo Band, grup musik dari temen-temen menteri. Saya itu terakhir SMA bergitar. Sebagai orang sibuk butuh keseimbangan, dan juga kegembiraan,” tuturnya.

Di akhir sambutannya, Budi Karya berpesan agar para seniman bisa terus berkarya dengan cara-cara dan gagasan-gagasan yang baru sehingga bisa memberikan warna bagi perkembangan kebudayaan Indonesia.

“Para pelukis juga harus melalukan cara-cara yang baru sehingga memberikan warna yang baru,” ungkapnya.

Selain membuka pita festival, Budi Karya juga menyaksikan karya-karya lukisan para seniman yang dipamerkan di Museum Nasional Indonesia.

Helatan yang berlangung sepanjang 9-18 November 2019 ini merupakan inisiatif dari Bengkel Pelukis Militan Indonesia, perkumpulan pelukis yang bertujuan mengangkat tradisi budaya Indonesia, yang bekerja sama dengan putri maestro seni lukis Affandi, Kartika Affandi.

Ada sekitar 100 stan pameran akan ikut berpartisipasi dan memamerkan hasil karya lukisan, patung, dan instalasi seni dari seniman terkenal dalam negeri.

Edukasi Generasi Milenial

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menyatakan event ini merupakan pergelaran seni rupa Indonesia yang penting untuk mengedukasi generasi milenial sebagai penerus bangsa Indonesia supaya terus melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia.

Selain pameran lukisan, patung, dan seni instalasi, festival ini juga akan diisi serangkaian acara lainnya seperti workshop seni lukis bersama R.M. Yos Soesilo dan Kartika Affandi, batik bersama Hartadi dan instalasi bersama Timbul Raharjo.

Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah mengatakan, acara pameran ini sudah selayaknya mendapat dukungan. Sebab bertujuan mengembangkan destinasi wisata sejarah ataupun budaya dan meningkatkan jumlah wisatawan lokal dan mancanegara.

“Banyak seniman lukis tanah air yang berbakat dan memiliki karya yang mengagumkan. Hal ini menjadi bagian dari kebudayaan yang harus kita dukung. Penyelenggaraan In-Art 2019 dapat menjadi wadah bagi anak negeri untuk memamerkan karyanya,” ungkapnya, Selasa (5/11), melansir antaranews.com.

*Daniel Deha

Baca Juga

“Kalanirsuara”, Pentas Inspiratif dari Senarai Perempuan Penyintas ’65

Portal Teater - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Padjadjaran Bandung mempersembahkan sebuah pentas teater berjudul "Kalanirsuara", kisah perjuangan perempuan penyintas tragedi '65 melawan trauma...

Jakpro Desain Ulang Arsitektur Revitalisasi TIM Jakarta

Portal Teater - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berniat mendesain ulang arsitektur revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta menyusul penolakan dari sejumlah pelaku seni terkait...

Komite Tari DKJ Kembali Gelar Telisik Tari “Ballet At Batavia”

Portal Teater - Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan  Telisik Tari, pada Jumat (6/12). Program ini merupakan "saling silang" antara tari ballet...

Terkini

Setelah FTJ, Teater Nusantara Pentaskan Lagi “Arung Pallaka” di Slawi

Portal Teater - Teater Nusantara akan mementaskan lagi naskah "Arung Pallaka" di Monumen Gerakan Benteng Nasional (GBN) Slawi, Jawa Tengah, Sabtu (7/12), pukul 20.00...

Teater Alamat Buka Perekrutan Anggota Baru

Portal Teater - Teater Alamat membuka perekrutan anggota baru pada akhir tahun ini. Proses perekrutan ini akan berlangsung pada 6-31 Desember 2019 yang terdiri dari...

Theater Olympics 2019 Tampilkan 104 Produksi dari 22 Negara

Portal Teater - Festival teater internasional yang menghadirkan sejumlah praktisi teater kenamaan dari seluruh dunia, Theater Olympics, kembali digelar tahun ini dengan menampilkan 104...

Komite Tari DKJ Kembali Gelar Telisik Tari “Ballet At Batavia”

Portal Teater - Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan  Telisik Tari, pada Jumat (6/12). Program ini merupakan "saling silang" antara tari ballet...

Animo Peserta Sayembara Sastra DKJ Terus Menurun

Portal Teater - Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) telah mengumumkan nama-nama pemenang Sayembara Sastra DKJ tahun 2019, Rabu (4/12) malam. Selain hal-hal mengejutkan...